Skip to main content

Fitur Costum Pin pada BBM Tidak Efektif


Sejak awal Maret kemarin, BBM telah menyediakan update pada BBM versi 2.7 ke atas (kalo ga salah) yang menyediakan tampilan yang lebih fresh seperti ikon D dan R yang berbentuk bulat (tidak lagi kotak), bisa kirim kiriman beberapa gambar sekaligus, dan juga tampilan previewnya lebih besar. Dari sekian fitur baru yang ditawarkan, aku tertarik pada fitur baru yakni, kostumisasi pin. Dimana dengan fitur itu kita bisa mengubah pin bbm kita sesuai dengan susunan angka dan huruf yang kita inginkan. Sayangnya, fitur ini berbayar. $1.99 atau kalau dirupiahkan menjadi sekitar 20 ribuan lebih per bulan (per bulan. Catet!). Namun karena penasaran dengan fitur tersebut akhirnya aku coba coba subscribe alias berlangganan fitur tersebut dengan pemikiran toh cuman "kehilangan" 20 ribu, kalaupun nanti ga sesuai keinginan ya tinggal unsubscribe aja. Lalu, Seberapa efektif penggunaan costum pin ini? aku akan berbagi pengalamanku menggunakan fitur costum pin bbm ini.



Dari dulu memang saat mendaftar blackberry ID kita tidak pernah bisa memilih pin apa yang akan kita gunakan, kalau beruntung bisa dapat pin cantik, kalo apes ya... pendaftaran gagal :D (dapat pin jelek bukan apes namanya, cuma kurang beruntung aja). Nah, bagi para pebisnis, memiliki pin cantik yang gampang diingat tentu memiliki nilai lebih tersendiri, pin bbm kini sudah menggantikan 47,95% fungsi nomor handphone (ini data survey ngawur, jangan dianggap serius). Artinya, pin bbm yang mudah diingat tentu menjadi nilai tambah bagi para pebisnis karena sangat memudahkan saat melakukan perkenalan profil mereka.

Untuk alasan itulah aku coba untuk memanfaatkan fitur ini agar pin bbmku lebih mudah diingat (pin yang ada sekarang ancur banget, bahkan aku selalu lupa berapa pin bbmku saking susahnya diingat).
Dengan bermodalkan kartu kredit yang sudah aku daftarkan di google wallet, aku coba untuk subscribe fitur ini. Ternyata proses berlangganan costum pin bbm ini sangat mudah, tinggal pencet ok ok doang. Setelahnya aku disuruh menuliskan costum pin yang aku inginkan. Namun costum pin inipun juga tidak bisa sekehendak kita, ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi, seperti: pin berada antara 6-8 karakter, boleh menggunakan angka maupun huruf, boleh menggunakan tanda_ atau - dan masih banyak lagi (lupa, hehe).
Oiya, Saat mendaftarkan pin kostumisasi kita, akan ada peringatan bahwa pin ini tidak bisa diganti lagi, jadi pikir masak masak sebelum menuliskan pin anda ya..

Nah setelah berhasil, maka di profil kita akan ada 2 pin. yang pertama pin bawaan dan yang kedua adalah pin khusus (lihat gambar)

Nah, payahnya nih.. setelah aku berhasil mengganti pin ini harusnya kan kupikir pin khususku ini bisa terlihat pada semua kontak bbmku. TERNYATA AKU SALAH

setelah aku survei ke beberapa sampel teman, ternyata yang bisa melihat pin baruku ini hanya 3 orang saja sementara sisanya tak melihat perubahan apapun pada pin bbmku, parahnya lagi untuk yang sebagian besar dari mereka bahkan tidak bisa invite bbm yang menggunakan pin khusus dengan memasukkan pin, dan hanya bisa dengan menggunakan scan barcode.
Setelah  kembali melakukan survei secara mendalam, akhirnya aku mengambil kesimpulan kalau yang bisa melihat pin khususku ini hanya mereka yang menggunakan bbm versi 2.7 ke atas. tidak peduli apapun merk smartphonenya.
Tampilan pada smartphone teman yang menggunakan bbm versi 2.7 ke atas

Tampilan di smartphone yang menggunakan bbm versi 2.7 ke bawah. masih pin lama

Sekarang kita coba analisis dampaknya terhadap perkembangan promosi profil kita, anggap saja ada seorang klien potensial yang ingin menghubungiku, dari kartu nama yang ia dapatkan ia melihat kalau pin bbmku adalah "toscabbm". Langsung ia mencoba untuk invite dari smartphonenya yang ternyata belum menggunakan bbm versi terbaru. Alhasil, ia tidak berhasil menemukan kontakku dan aku secara bisnis rugi karena kehilangan seorang klien yang potensial.

Jadi kesimpulannya, apakah costum bbm ini efektif?
jika ke depannya tidak ada perbaikan dari pihak blackberry maka aku dengan tegas mengatakan kalau kalian tidak perlu membuang uang sekitar 20 ribu per bulan hanya untuk berlangganan fitur ini.


NB: kalau begini aku jadi langsung berpikir untuk berhenti berlangganan costum pin bbm. sempat bingung bagaimana caranya, ternyata sangat mudah. Cukup buka playstore, lalu cari bbm dan kemudian pilih batal berlangganan.

Comments

  1. Tiap hapus cache bbm di pengaturan app kan otomatis tiap mau masuk bbm baru harus masukin imel. Nah biasanya keganti pinnya. Klo kustom pinnya kganti juga atau blm pernah dcoba dhapus cache

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku rancak aja ngehapus cache tu. ya alhamdulillah pinnya kdd teubah pang. cuma sekali banar ae pas beganti hp smlm pinnya teubah meski dengan email BB ID yang sama

      Delete
  2. Mau Cari Sepatu Gunung..? Disini Jual Sepatu Gunung Murah, ayo stock terbatas gan..!!

    ReplyDelete
  3. Bingung Cari Hadiah Buat Pacar..?? Disini Jual Sandal Wanita Terbaru Lohh..

    ReplyDelete
  4. Berarti kada tapi bagus jua lah pake PIN costum Ni, padahal handak beli jw pang. Jadi kd jadi setelah baca tulisannya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

9-9-81 Satu cerita dalam 9 Kisah

9-9-81 adalah film produksi Thailand yang (katanya) dibuat berdasarkan kisah nyata. Hal tersebut cukup bisa diterima, mengingat kisah dalam film ini sebenarnya sederhana saja; Seorang wanita tewas bunuh diri setelah mendengar calon suaminya meninggal karena kecelakaan. Namun uniknya, film ini disajikan dengan 9 sudut pandang berbeda, dengan 9 sutradara yang berbeda pula, Yang mana ke - 9 kisah kisah tersebut nantinya akan membentuk satu kesatuan yang saling berkaitan dan terangkai menjadi sebuah cerita utuh. Sebuah konsep yang sangat menarik!!

Film ini dibuka dengan adegan seorang wanita cantik yang mengenakan pakaian pengantin lengkap. Ia berjalan perlahan menuju atap apartemen dan berdiri di pinggiran. Sedetik kemudian tampak wanita itu sudah meluncur bebas menuju tanah. Menuju kematiannya..
Lalu cerita pun dimulai..

The Notebook - Film Paling Romantis?

Entah kenapa aku lagi pengen drama romantis.. Iseng-iseng nyari rekomendasinya di google. Dan kebetulan film inilah yang pertama aku temukan beserta link downloadnya. Ya sudah, hajar! hehe..

The notebook (2004) Bercerita tentang kisah cinta Noah, seorang pemuda desa miskin dan Allie, gadis kota dari keluarga berada. Berbagai rintangan mereka lalui dalam hubungan mereka. Jarak dan waktu pun tak lantas melunturkan rasa di antara mereka. Terdengar romantis bukan? itu belum apa-apa, kalian akan menemukan berbagai momen-momen yang begitu menyentuh hati ketika menonton sendiri filmnya.

Film ini dibuka dengan adegan seorang lelaki mengayuh perahu di danau pada senja hari. disekelilingnya, burung angsa beterbangan entah menuju ke mana. Dari sebuah rumah di dekat sana seorang wanita tua sedang memperhatikan dia, dengan tatapan yang penuh makna. Sungguh sebuah adegan pembuka yang luar biasa, ditambah lagi adegan itu diiringi backsound instrumen piano. Menit-menit pertama yang langsung membuatk…

Untuk apa kita sekolah?

Coba kita jawab pertanyaan ini. Mengapa kita harus sekolah? Mungkin jawaban yang paling umum dan paling benar yang kebanyakan orang jawab adalah: Agar kita menjadi pintar. Agar kita menjadi lebih siap untuk menjalani setiap tantangan hidup di masa dewasa nanti. Agar kita bisa menjadi manusia yang berkualitas, berguna untuk diri sendiri, keluarga, lingkungan, bahkan bangsa dan negara. Seiring berjalannya waktu, tujuan itu secara tak disadari akan memudar. Sekolah akan menjadi satu kebiasaan rutin yang dilakukan anak dari usia 5 tahunan sampai ia beranjak dewasa kelak. Pada akhirnya yang terjadi hanyalah ia Cuma melakukan kebiasaan rutin tersebut karena itulah yang dilakukan anak anak lain seusianya. Niat sebenarnya sekolah adalah untuk  menempa diri agar menjadi manusia yang berkualitas telah menjadi prioritas yang kesekian, setelah rutinitas untuk bertemu teman, nyari pacar, dan juga hanya untuk lulus dengan nilai baik.