Skip to main content

Yuk, kita main Flappy Bird


Baru baru ini para pengguna Iphone maupun Android sedang kecanduan sebuah game yang tersedia gratis di app store maupun google play. Flappy Bird, sebuah game yang sebenarnya sangat sederhana. Grafis yang biasa saja dan dengan pola permainan yang bisa dibilang sangat simpel. Lantas, mengapa game ini bisa menjadi begitu populer? yuk kita bahas lebih dalam...


Flappy Bird adalah sebuah game dengan cerita dan peraturan yang sederhana. Kita akan memainkan seekor burung, jika disentuh maka burung itu akan naik, namun jika dibiarkan burung itu akan turun dengan sendirinya :D (pikirannya jangan kemana mana ya. hehehee..). Lebih detailnya begini, jadi tugas kita adalah menjaga keseimbangan burung (naik dan turun) agar selama terbang tidak terbentur pipa pipa yang nanti akan menghalangi jalan burung tersebut. Apabila kita berhasil melewati pipa tersebut maka score kita akan bertambah 1, namun jika sang burung kejeduk pipa, maka pasti akan langsung nyungsep dan ko'it. Lalu permainan harus dimulai dari awal lagi. Terdengar sederhana? iya!! terasa mudah?? eits.. nanti dulu...


Grafis Flappy Bird sendiri tidaklah bisa dikatakan istimewa, sekilas mungkin tampilannya akan mengingatkan kita pada game jadul Super Mario Bros yang legendaris itu. Namun dengan grafis yang seadanya itu ternyata tak membuat peminat game ini surut. Buktinya Flappy Bird kini betah nangkring di posisi paling atas game gratis di play store.

Lalu apa yang membuat game ini bisa meraih prestasi tersebut?
Yang pertama mungkin karena kesederhanaannya. Dengan ukuran file yang kecil (tidak sampai 1 MB), tentu para pengguna iphone maupun android tidak perlu takut kehabisan kuota saat mendownloadnya (terutama bagi yang kantong cekak buat beli kuota internet). Grafis sederhana dan cara permainannya yang juga sederhana sepertinya merupakan game yang tepat untuk mengisi waktu di kala bosan. Namun dibalik kesederhanaannya ternyata game ini bisa dibilang gampang gampang susah. Maka jangan salahkan orang orang yang secara spontan menyebut kata kata umpatan yang kasar ketika bermain game ini. entah kenapa pipa pipa yang ada di game Flappy Bird ini terasa begitu susah untuk dilewati. disamping itu juga kita harus menjaga konsentrasi penuh saat bermain. lengah sedikit, maka burung malang itu pasti bakalan terjun bebas ke tanah karena menabrak pipa. Sialnya, permainan berakhir sementara skor akan dihitung dari awal lagi... dan itu benar benar.....

Tapi faktanya, rasa jengkel dan sebal yang muncul itu tumbuh beriringan dengan rasa penasaran. Yang mana rasa itu akan membuat kita ingin mencoba lagi, lagi, dan lagi.....
Selain itu, game ini juga terhubung ke teman teman kita di google plus, sehingga dengan begitu kita bisa bersaing tinggi-tinggian skor dengan teman. Tentu hal itu menjadi motivasi lain untuk memainkan game ini terus menerus.
Setelah 1 hari mendownload dan memainkan game ini, aku baru berhasil mengumpulkan high score 42. Lumayan juga dibandingkan teman di kantor yang 10 saja tidak sampai :D
Meski belum pantas mengklaim diri sebagai orang yang jago main flappy Bird, tapi tak ada salahnya kalau aku bagi bagi tips memainkan game Flappy Bird. yuk disimak;

Tips Memainkan Flappy Bird:
1. Siapkan mental. Pastikan anda dalam keadaan tenang.
Game Flappy Bird adalah game yang sarat emosi. Ketenangan dan konsentrasi penuh sangat dibutuhkan saat memainkannya.Karena itu selesaikanlah semua pekerjaan yang mengganggu pikiran anda sebelum memainkan game ini.  Jangan sampai permainan anda tidak maksimal karena terganggu oleh hal lah sepele, seperti bermain sambil nahan pipis misalnya.
2. Posisi tangan
Tidak ada aturan baku mengenai posisi tangan dalam memainkan game ini, namun biasanya aku bermain dengan 2 posisi tangan seperti ini
Posisi tangan yang nomor 1 biasanya kugunakan saat bermain hanya untuk mengisi waktu saja. Posisinya seperti saat aku menulis sms atau lagi browsing internet. Posisi standar, namun kurasa agak kurang efektif karena otot tangan kita tidak rileks dan terbagi 2 (1 untuk memegang hp, dan 1 untuk mengetuk layar).
nah, untuk mengejar skor yang lebih tinggi biasanya aku menaruh hp di atas meja dan memposisikan tangan seperti gambar nomor 2. Disini posisi jari lebih seperti waktu bermain komputer dengan mouse dan hanya mengandalkan otot jari telunjuk sementara yang lainnya rileks di atas meja. Sangat efektif!
3. Jangan terlalu memikirkan skor. Bermainlah dengan hati yang ikhlas
Fokuslah pada cara melewati pipa. Jangan terlalu terbebani dan lakukan dengan hati riang. Maka skor tinggi akan datang dengan sendirinya. Ada baiknya suara dimatikan saja, karena itu cukup mengganggu konsentrasi kita, apalagi ketika kita sudah mencapai skor yang lumayan. Skor perolehan yang ada di atas juga kalau bisa jangan dihiraukan. Karena itu malah bisa menjadi beban bagi kita.
4. Terbanglah (ketuklah) dengan stabil
Buatlah terbangnya burung se stabil mungkin di awal. Mungkin sekitar 0,6 detik per ketuknya. Saat ada rintangan naik dan turun, kita tinggal mempercepat ketukan untuk naik, dan menghentikan ketukan sampai titik tertentu untuk turun. Disinilah perasaan dan konsentrasi kita sangat diuji.
5. Fokus, Fokus, dan Fokus !!!
Saat kita sudah menguasai timing ketukan, selanjutnya yang bisa dilakukan hanyalah fokus. Karena hanya cara itu yang bisa membawa kita pada skor tertinggi.

Sekian dulu tips dan review game flappy bird dariku. Kalau kebetulan ada yang punya tips maupun pendapat lain tentang game ini bisa dituliskan di kolom komentar.
Salam hangat

Comments

Popular posts from this blog

9-9-81 Satu cerita dalam 9 Kisah

9-9-81 adalah film produksi Thailand yang (katanya) dibuat berdasarkan kisah nyata. Hal tersebut cukup bisa diterima, mengingat kisah dalam film ini sebenarnya sederhana saja; Seorang wanita tewas bunuh diri setelah mendengar calon suaminya meninggal karena kecelakaan. Namun uniknya, film ini disajikan dengan 9 sudut pandang berbeda, dengan 9 sutradara yang berbeda pula, Yang mana ke - 9 kisah kisah tersebut nantinya akan membentuk satu kesatuan yang saling berkaitan dan terangkai menjadi sebuah cerita utuh. Sebuah konsep yang sangat menarik!!

Film ini dibuka dengan adegan seorang wanita cantik yang mengenakan pakaian pengantin lengkap. Ia berjalan perlahan menuju atap apartemen dan berdiri di pinggiran. Sedetik kemudian tampak wanita itu sudah meluncur bebas menuju tanah. Menuju kematiannya..
Lalu cerita pun dimulai..

The Notebook - Film Paling Romantis?

Entah kenapa aku lagi pengen drama romantis.. Iseng-iseng nyari rekomendasinya di google. Dan kebetulan film inilah yang pertama aku temukan beserta link downloadnya. Ya sudah, hajar! hehe..

The notebook (2004) Bercerita tentang kisah cinta Noah, seorang pemuda desa miskin dan Allie, gadis kota dari keluarga berada. Berbagai rintangan mereka lalui dalam hubungan mereka. Jarak dan waktu pun tak lantas melunturkan rasa di antara mereka. Terdengar romantis bukan? itu belum apa-apa, kalian akan menemukan berbagai momen-momen yang begitu menyentuh hati ketika menonton sendiri filmnya.

Film ini dibuka dengan adegan seorang lelaki mengayuh perahu di danau pada senja hari. disekelilingnya, burung angsa beterbangan entah menuju ke mana. Dari sebuah rumah di dekat sana seorang wanita tua sedang memperhatikan dia, dengan tatapan yang penuh makna. Sungguh sebuah adegan pembuka yang luar biasa, ditambah lagi adegan itu diiringi backsound instrumen piano. Menit-menit pertama yang langsung membuatk…

Untuk apa kita sekolah?

Coba kita jawab pertanyaan ini. Mengapa kita harus sekolah? Mungkin jawaban yang paling umum dan paling benar yang kebanyakan orang jawab adalah: Agar kita menjadi pintar. Agar kita menjadi lebih siap untuk menjalani setiap tantangan hidup di masa dewasa nanti. Agar kita bisa menjadi manusia yang berkualitas, berguna untuk diri sendiri, keluarga, lingkungan, bahkan bangsa dan negara. Seiring berjalannya waktu, tujuan itu secara tak disadari akan memudar. Sekolah akan menjadi satu kebiasaan rutin yang dilakukan anak dari usia 5 tahunan sampai ia beranjak dewasa kelak. Pada akhirnya yang terjadi hanyalah ia Cuma melakukan kebiasaan rutin tersebut karena itulah yang dilakukan anak anak lain seusianya. Niat sebenarnya sekolah adalah untuk  menempa diri agar menjadi manusia yang berkualitas telah menjadi prioritas yang kesekian, setelah rutinitas untuk bertemu teman, nyari pacar, dan juga hanya untuk lulus dengan nilai baik.