Skip to main content

Berapa kali dompetmu jatuh, tapi kembali lagi?



Dompet adalah barang yang fungsinya cukup vital bagi kita, selain sebagai tempat menyimpan uang, kebanyakan orang juga menyimpan berbagai surat-surat kendaraan dan kartu ATM di dalamnya. Adalah menjadi mimpi buruk ketika kita kehilangan dompet kita. Kehilangan bisa terjadi karena dicopet oleh tangan nakal, ataupun juga karena tak sengaja jatuh di jalanan. Aku pernah kehilangan dompet sebanyak 3 kali. dan alhamdulillah... selama tiga kali pula dompet itu akhirnya bisa kembali kepadaku.

Yang pertama, sewaktu aku baru lulus SMA dan masih belum bekerja. ketika itu aku pulang dari rumah teman yang jaraknya sekitar 1 KM dari rumahku. Sesampainya di rumah, aku kaget karena dompetku sudah tidak ada lagi di  dalam kantong celana. Pikiran pertama yang muncul mungkin dompetku tertinggal di rumah teman ku yang tadi. Alhasil, kembali kukayuh sepedaku menuju rumahnya lagi. Namun ternyata di sana dompetku juga tidak ada. Satu satunya kemungkinan yang tersisa hanya jatuh di jalan. Berpuluh-puluh kali aku telusuri jalan yang tadi aku lalui, namun hasilnya nihil. Akhirnya aku hanya bisa pasrah, dan cuma bisa berdoa.
Namun di malam harinya ada seorang ibu ibu yang mengaku menemukan dompetku. Uangnya sudah tidak ada lagi, di dalamnya hanya ada KTP dan surat izin mengemudi. Tak masalah, yang penting SIM dan KTPku kembali. Aku banyak-banyak mengucapkan terima kasih sembari menyelipkan beberapa ke tangan beliau. Beliau menerimanya dengan senang hati, kemudian pulang.

Yang kedua, terjadi di malam Idul FItri. Awalnya aku berencana bermalam lebaran-an bersama teman perempuanku (baca:pacar) di pusat kota yang kebetulan waktu itu memang ada acara. Namun, ketika sampai di rumah pacarku aku kaget ketika menyadari kalau dompetku sudah tidak ada di tempat semestinya. Mustahil tertinggal di rumah karena tadi aku sempat membeli bensin di pinggir jalan. Aku kalap! dompet itu berisi uang sekitar 150 ribu, dua lembar STNK, tiga kartu ATM, dan lain lain. Acara bermalam hari raya pun jadi kacau karena aku harus melakukan penelusuran kembali jalan jalan yang telah dilalui tadi. Untungnya, keluarga pacarku memiliki kenalan seorang orang pintar yang bisa "melihat" dengan mata batin. Beliau mengatakan bahwa dompetku jatuh di dekat perempatan jalan. Namun kini sudah ada yang memungutnya. Beliau cuma menyarankan agar aku berdoa.
Jujur, aku agak terpukul dengan jawaban beliau. Namun aku tidak sepenuhnya percaya dengan hal hal seperti itu, jadinya aku terus saja melakukan penelusuran di jalan. Capek karena dompetku tidak kunjung ketemu, aku mendatangi kantor polisi terdekat di sana untuk melaporkan kehilangan. Siapa tahu orang yang menemukan menyerahkannya kepada polisi, meski kemungkinannya kecil sekali.
Keesokan harinya, setelah sholat subuh aku berdoa semoga orang yang memungut dompetku adalah orang baik. Aku tak peduli kalau uang di dalamnya sudah tidak ada, yang penting dompet beserta isi yang lain selain uang bisa kembali. Seandainya ada orang yang mengembalikan dompet itu, aku akan memberikan imbalan senilai uang yang ada di dompetku tersebut.
Mukjizat terjadi. Allah maha besar!! setelah sholat Ied ada seseorang yang bertamu ke rumah. Ya, ia membawa dompetku beserta isinya. Lengkap!! tak kurang satupun. Aku langsung girang bukan kepalang.. sesuai nazarku, aku ambil semua uang di dompet untuk kuberikan kepadanya. Awalnya ia menolak, namun aku ceritakan kalau aku harus menunaikan nazarku. Itu adalah hak dia. Iapun akhirnya menerima sembari mengucapkan terima kasih.
Oh iya, ketika aku tanyakan dimana dia menemukan dompet itu, ternyata jawabannya sama persis dengan apa yang dikatakan orang pintar tadi.
Kejadian tersebut membuatku berpikir, mungkin ada baiknya kalau di dalam dompet kita sertakan secarik kertas yang berisi nomor handphone kita dan juga orang terdekat kita. jadinya kalau ada yang menemukan dompet (kalau ia punya niat baik), bisa lebih mudah menghubungi kita tanpa perlu repot repot mendatangi ke rumah.

Yang ketiga, baru terjadi malam kemarin. Setelah menarik uang dalam jumlah yang cukup besar di ATM aku pulang menuju rumah. Di jalan, aku baru sadar kalau dompetku tidak ada lagi dikantong. Tentu saja aku panik! ini bukan lagi tentang surat-surat berharga yang ada di dalam dompet. Uang yang ada di dalamnya itu jauh lebih penting! jika dihitung, mungkin setelah aku  3 kali gajian baru bisa menutupi uang yang hilang itu. Aku mencoba menjernihkan pikiran.. aku menarik uang ini dengan tujuan baik, jadi pasti Tuhan akan membantuku kali ini. Aku terus mencari di sepanjang jalan yang aku lalui tadi. satu kali, dua kali, tiga kali. Alhamdulillah... dompetku ketemu!! ia tergelatak di pinggir jalan tersamarkan oleh rerumputan. Jalanan di sekitar sana memang sepi pada malam hari, tidak terlihat ada orang yang nongkrong di sekitar situ jadinya mungkin tidak ada yang liat pas jatuh tadi.



***
Aku sendiri juga bingung, kok bisa bisanya tiga kali dompetku jatuh di jalan. Setiap kali aku ganti dompet pasti saja ada satu kali dompetku terjatuh. Tapi yang lebih membuatku bingung lagi.. setiap kali hilang, dompetku itu akan kembali lagi. Mungkin inilah yang disebut dengan kekuatan doa, dan juga keajaiban dari Tuhan.

Comments

  1. Subhanallah....alhamdulillah banget yah kak..... Allahu akbar... *tebal nah dompetnya* tikitiw hehehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Alhamdulillah banget.. :D
      mungkin ini teguran supaya lain kali lebih berhati hati lagi.

      hehehe...
      isinya kertas tagihan cicilan angsuran hutang aja tuh :D

      Delete
  2. ni bru kejadian dompetku ilang tp blom ketemu..mudah2an aja ada yg balikin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiiin... moga dibalikin dengan keadaan seperti yg sebelumnya. banyakin berdoa aja sob..

      Delete
  3. ya benar.. itulah kekuatan doa sbagai tanda kekuasaan Allah atas sgala sesuatu.
    klo saya sih sudah dua x. dan alhamdulillah dgn berdoa n bernazar akhir'y dompet saya kmbali

    ReplyDelete
  4. Berapa lama barang ya kembali bang jumadi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

9-9-81 Satu cerita dalam 9 Kisah

9-9-81 adalah film produksi Thailand yang (katanya) dibuat berdasarkan kisah nyata. Hal tersebut cukup bisa diterima, mengingat kisah dalam film ini sebenarnya sederhana saja; Seorang wanita tewas bunuh diri setelah mendengar calon suaminya meninggal karena kecelakaan. Namun uniknya, film ini disajikan dengan 9 sudut pandang berbeda, dengan 9 sutradara yang berbeda pula, Yang mana ke - 9 kisah kisah tersebut nantinya akan membentuk satu kesatuan yang saling berkaitan dan terangkai menjadi sebuah cerita utuh. Sebuah konsep yang sangat menarik!!

Film ini dibuka dengan adegan seorang wanita cantik yang mengenakan pakaian pengantin lengkap. Ia berjalan perlahan menuju atap apartemen dan berdiri di pinggiran. Sedetik kemudian tampak wanita itu sudah meluncur bebas menuju tanah. Menuju kematiannya..
Lalu cerita pun dimulai..

The Notebook - Film Paling Romantis?

Entah kenapa aku lagi pengen drama romantis.. Iseng-iseng nyari rekomendasinya di google. Dan kebetulan film inilah yang pertama aku temukan beserta link downloadnya. Ya sudah, hajar! hehe..

The notebook (2004) Bercerita tentang kisah cinta Noah, seorang pemuda desa miskin dan Allie, gadis kota dari keluarga berada. Berbagai rintangan mereka lalui dalam hubungan mereka. Jarak dan waktu pun tak lantas melunturkan rasa di antara mereka. Terdengar romantis bukan? itu belum apa-apa, kalian akan menemukan berbagai momen-momen yang begitu menyentuh hati ketika menonton sendiri filmnya.

Film ini dibuka dengan adegan seorang lelaki mengayuh perahu di danau pada senja hari. disekelilingnya, burung angsa beterbangan entah menuju ke mana. Dari sebuah rumah di dekat sana seorang wanita tua sedang memperhatikan dia, dengan tatapan yang penuh makna. Sungguh sebuah adegan pembuka yang luar biasa, ditambah lagi adegan itu diiringi backsound instrumen piano. Menit-menit pertama yang langsung membuatk…

Untuk apa kita sekolah?

Coba kita jawab pertanyaan ini. Mengapa kita harus sekolah? Mungkin jawaban yang paling umum dan paling benar yang kebanyakan orang jawab adalah: Agar kita menjadi pintar. Agar kita menjadi lebih siap untuk menjalani setiap tantangan hidup di masa dewasa nanti. Agar kita bisa menjadi manusia yang berkualitas, berguna untuk diri sendiri, keluarga, lingkungan, bahkan bangsa dan negara. Seiring berjalannya waktu, tujuan itu secara tak disadari akan memudar. Sekolah akan menjadi satu kebiasaan rutin yang dilakukan anak dari usia 5 tahunan sampai ia beranjak dewasa kelak. Pada akhirnya yang terjadi hanyalah ia Cuma melakukan kebiasaan rutin tersebut karena itulah yang dilakukan anak anak lain seusianya. Niat sebenarnya sekolah adalah untuk  menempa diri agar menjadi manusia yang berkualitas telah menjadi prioritas yang kesekian, setelah rutinitas untuk bertemu teman, nyari pacar, dan juga hanya untuk lulus dengan nilai baik.