Skip to main content

Procrastination: Sulitnya Memulai Sesuatu dan Kecenderungan Menunda Pekerjaan.


Apakah kalian mengenali gambar di atas? Jika kalian adalah seorang penggemar berat serial kartun Spongebob Squarepants tentu sangat familiar dengan potongan gambar tersebut. Gambar tersebut adalah salah satu adegan dalam Kartun Spongebob edisi ke 37a dengan judul Procrastination. Kurang lebih ceritanya seperti ini:
Spongebob mendapat tugas dari Nyonya Puff sang Guru mengemudinya untuk menulis esai 800 kata tentang apa saja yang tidak boleh dilakukan di lampu merah. Spongebob merasa kesulitan mengerjakan tugas tersebut dan selalu saja mengulur dan mengulur waktu. Faktanya, Semakin ia mengulur waktu semakin sempit waktu yang tersedia baginya untuk menyelesaikan tugas tersebut. Hal - Hal anehpun terjadi, hingga akhirnya Spongebob terbangun dan menyadari kalau hal hal aneh itu hanyalah mimpi. Namun tugas menulis esai itu bukan mimpi, faktanya ia baru berhasil membuat satu kata, sementara waktu sudah menunjukkan hanpir jam 9 pagi!! Dengan sisa waktu yang ada ternyata spongebob berhasil menyelesaikan tugas tersebut dan pergi ke boating school untuk menyerahkannya kepada Nyonya Puff.. Meski ternyata pengumpulan tugas itu ditunda.



Lalu hal menarik apa yang bisa kita bahas dari episode spongebob di atas?
Yang pertama kita akan bicara soal judul. "Procrastination" adalah sebuah kata dalam bahasa inggris yang kalau kita terjemahkan ke bahasa indonesia bisa diartikan sebagai "Penundaan".
Di episode ini jelas sekali menggambarkan Spongebob yang selalu menunda nunda untuk mengerjakan tugas esai tersebut, meski di hati kecilnya ia tahu kalau hal tersebut justru akan membuat waktunya semakin sempit nanti.

Cerita ini memang hanyalah Salah satu episode dari serial kartun, tapi sadarkah kita kalau dalam kehidupan sehari hari kita juga sering melakukan hal yang serupa?
Contoh yang paling sering terjadi adalah pada pelajar ataupun mahasiswa. Sistem Kebut Semalam (SKS) merupakan istilah yang begitu lazim dan sering dipraktekkan para pelajar tersebut ketika akan menghadapi ujian di keesokan harinya. Padahal sebelumnya mereka memiliki waktu yang begitu panjang untuk belajar.. namun kebanyakan dari mereka terus menunda-nunda dan akhirnya hanya belajar pada malam hari sebelum hari H ujian. Fakta !!
Contoh yang lebih Nyata lagi adalah yang terjadi pada blog ini. Di awal tahun kemarin aku berjanji untuk menulis sedikitnya 60 Post di tahun ini. Nyatanya hingga kini aku hanya mampu menulis kurang dari 20 Post di sisa waktu yang tak sampai 3 bulan lagi. Akibatnya tentu saja sekarang aku yang jadi gelabakan sendiri untuk memenuhi janji tersebut.

Memulai sesuatu itu adalah hal yang paling sulit.
Kita kembali ke Episode spongebob tadi...
Di rentang waktu malam hingga tengah malam, spongebob tak mampu menuliskan kata yang menjadi awal baginya untuk menyelesaikan tugas. Yang pertama, ia hanya mampu menuliskan judul tugas.. dan kemudian hingga saat terakhir ia akhirnya mampu menuliskan satu kata "The" dalam bentuk kaligrafi yang tentu saja tak berarti apa apa.
Lucunya, di saat yang terdesak ia akhirnya terpikir satu jawaban untuk tugasnya tersebut, dan kemudian berlanjut dengan begitu lancarnya hingga tugas itu selesai.

Kadang... dalam hidup ini kita takut melakukan sesuatu karena merasa tidak bisa melakukan hal tersebut. Padahal sebenarnya yang kita perlukan hanyalah satu langkah awal. Banyak orang mencoba mengalihkan fokus ketika menghadapi sesuatu yang dianggap sulit dengan cara menunda atau beralasan banyak hal lain lagi yang harus dikerjakan.
Prokrastinasi atau penundaan itu tidak akan mengalihkan kita dari masalah yang dihadapi. Ia akan terus mengejar kita di waktu yang semakin sempit. Yang seharusnya dan sebaiknya kita lakukan adalah mengambil langkah awal dengan berani. Cukup jalani dan laksanakan! hingga akhirnya kita akan melihat keajaiban...

Comments

  1. Setuju gan, ada istilah menunda nunda pekerjaan sama dengan menumpuk penderitaan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Android: Cara Login Lebih dari Satu Akun Gmail

Android, sebagaimana kita ketahui juga adalah merupakan Smartphone canggih yang tentunya dirancang untuk tak sekedar menelepon atau SMS saja, namun juga memiliki fitur untuk komunikasi yang terkoneksi dengan internet seperti chatting, media sosial atau bahkan untuk berkirim email.
Khusus untuk yang terakhir disebutkan tadi, kita ketahui bersama kalau Android itu identik dengan Google. Bahkan untuk dapat menggunakan Smartphone ini kita diwajibkan untuk memasukkan akun google agar bisa mengakses berbagai fitur android seperti Gmail, Play Store, bahkan Google Wallet. Beberapa teman saya mengaku kesulitan ketika mereka memiliki 2 buah akun gmail dan ingin dua duanya online dalam satu perangkat android mereka. Dalam aplikasi Gmail Android sendiri, tidak terdapat pilihan untuk membuat multiple akun seperti pada versi Google Chrome di desktop. Lalu bagaimana cara agar kita bisa login lebih dari satu akun Gmail pada android? Simak langkah langkah berikut ini:

The Notebook - Film Paling Romantis?

Entah kenapa aku lagi pengen drama romantis.. Iseng-iseng nyari rekomendasinya di google. Dan kebetulan film inilah yang pertama aku temukan beserta link downloadnya. Ya sudah, hajar! hehe..

The notebook (2004) Bercerita tentang kisah cinta Noah, seorang pemuda desa miskin dan Allie, gadis kota dari keluarga berada. Berbagai rintangan mereka lalui dalam hubungan mereka. Jarak dan waktu pun tak lantas melunturkan rasa di antara mereka. Terdengar romantis bukan? itu belum apa-apa, kalian akan menemukan berbagai momen-momen yang begitu menyentuh hati ketika menonton sendiri filmnya.

Film ini dibuka dengan adegan seorang lelaki mengayuh perahu di danau pada senja hari. disekelilingnya, burung angsa beterbangan entah menuju ke mana. Dari sebuah rumah di dekat sana seorang wanita tua sedang memperhatikan dia, dengan tatapan yang penuh makna. Sungguh sebuah adegan pembuka yang luar biasa, ditambah lagi adegan itu diiringi backsound instrumen piano. Menit-menit pertama yang langsung membuatk…

Daftar Rekomendasi Film Asia Part 2

Tulisan ini menyambung daftar yang pernah aku tulis dulu, yakni Daftar Rekomendasi Film Asia (silahkan klik link tersebut untuk membacanya). Sebelumnya mungkin akan banyak yang bertanya mengapa film film populer seperti My sassy Girl atau Hello Stranger tidak aku masukkan di sini. Hal itu dikarenakan film film tersebut sudah pernah aku tulis dalam satu entri khusus sebelumnya. Bagi yang penasaran mungkin bisa dicek lagi pada tulisanku yang diberi label Coretan di Layar Lebar. Mungkin juga akan ada yang bertanya mengapa tidak ada film yang bergenre action dalam daftar rekomendasi aku. Alasannnya adalah karena aku tidak begitu menyukai genre tersebut, jadi aku kurang memperhatikan dan tidak bisa merekomendasikan. Daftar inipun sebenarnya bersifat subyektif pada penilaianku saja, berdasarkan film yang pernah aku tonton. Tentunya aku akan sangat berterimakasih jika kalian yang kebetulan berkunjung mau berbagi tentang film apa lagi yang recomended untuk kategori film asia di kolom komenta…