Boneka Menyeramkan dengan mata tertutup kain ditemukan di Singapura. Hoax atau nyata?


Pagi tadi iseng buka Facebook terus nemu teman yang ngeshare link tentang cerita yang membuat heboh warga Singapura yakni penemuan boneka menyeramkan yang matanya ditutup dengan kain bertuliskan kata "Bismillah" dengan tulisan Arab. Link tersebut adalah forum di kaskus, untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat thread tersebut disini.


Berikut sedikit kutipan dari thread tersebut:
Sebuah boneka ditemukan bersandar dipohon disuatu jalan yg sibuk di Singapura, boneka tersebut terlihat seperti barang antik dan matanya tertutup oleh sebuah kain yg bertuliskan bahasa arab. Tidak seorangpun mengklaim boneka tersebut, Setelah diselidiki latar belakang boneka tersebut dan tulisan pd kain yg menutupi matanya, maka dipastikan boneka tersebut bukanlah termasuk barang yg harus dikembalikan pada kasus “kehilangan & ditemukan”

Menurut orang yg mengepost fotonya online:
Boneka ditemukan disisi sebuah jalan yg sibuk di Singapura. Arti tulisan Arab yg menutupi matanya adalah “bismillah” (Aku pikir jin ataupun kutukan sengaja diperangkap didalamnya untuk mencegah agar tidak keluar dan mengikuti tuannya balik kerumah. Spekulasi lainnya adalah bahwa boneka tsb untuk aktivitas ilmu hitam)

Cerita pd twitter mengungkapkan:
Boneka tsb kesurupan dan bergerak sendiri ketika tuannya tidak dirumah. 

Pemilik menutupi matanya yg bertuliskan bhs Arab “bismillah” dan meninggalkannya jauh dari rumah agar supaya boneka tersebut tidak mengikutinya pulang kerumah.

Menurut pemiliknya (uploader?) bahwa satu-satunya cara untuk menyingkirkannya agar boneka tsb tidak kembali padanya adalah dengan menutup matanya. Kutukan dikabarkan akan diteruskan kepada orang yg secara tidak sengaja membuka penutup matanya.

Boneka kemudian hilang secara misterius sejak ditemukan 

Setelah beberapa hari kemudian, penduduk setempat menemukan orang bunuh diri secara aneh (laki2 gantung diri disamping suatu block apartemen) dan juga ada kasus pembunuhan, ini mungkin hanya kebetulan.


 Thread tersebut menceritakan betapa menyeramkannya sosok boneka misteri tersebut. Hal itu diperkuat dengan foto-foto yang ditampilkannya (untuk lebih menikmati keseramannya silahkan dibuka link kaskus yang aku tuliskan di atas tadi. Ada foto sewaktu matanya dibuka loh!!)

Berita-berita ataupun juga cerita seperti ini sudah sering beredar di dunia maya, beberapa memang ada yang dikabarkan asli, namun tak sedikit juga yang terbukti ternyata cuma hoax untuk menarik sensasi. Aku yang secara pribadi selalu menyukai cerita horror menjadi tertarik untuk mempelajari cerita ini lebih dalam. Untuk membuktikan cerita ini hoax atau bukan.

Pertama-tama, aku ingin mencari tahu apakah memang benar cerita ini berlatar di Singapura atau hanya karangan orang Indonesia saja? Untuk itu kita bisa melakukan penyelidikan dari foto penemuan boneka tersebut.
Apa yang menarik dari foto tersebut? Seseorang memakai peci putih berjongkok menghadapi boneka itu terlihat seperti orang Indonesia? bukan!! hal tersebut tidak bisa jadi acuan. Lihatlah lebih jauh ke belakang. Di sebelah kiri atas nampak sebuah Bus terparkir di pinggir jalan. Kita bisa menyelidiki lebih jauh itu Bus daerah mana dari coraknya. Untuk itu aku mencoba mencari gambar di google dengan keyword "Singapore Bus".
 Lihat apa yang aku temukan.
Hampir semua gambar yang aku temukan dengan keyword Singapore Bus memiliki corak jingga, ungu, dan putih. Corak itu 100% mirip dengan Bus yang ada di foto penemuan boneka tersebut. Dengan demikian aku yakin kalau kejadian ini memang terjadi di Singapura.
Logikanya sekarang, jika kejadian ini memang sungguh ada di Singapura, artinya masyarakat di sana tentu juga akan heboh dengan penemuan tersebut dan pastinya berita ataupun juga tulisan tentang boneka ini telah tersebar di internet dengan bahasa mereka. Alhasil akupun mulai berselancar lagi dengan menggunakan keyword bahasa inggris maupun melayu. Hasilnya?
http://hantudunia.blogspot.com/2014/06/warga-singapura-gempar-anak-patung.html
http://misakipureblood.blogspot.com/2014/06/possessed-doll-in-hougang-singapore.html
dan masih banyak lagi.

Namun uniknya, aku tak menemukan satupun berita dari sumber yang dapat dipercaya. Kebanyakan hanya dari blog pribadi dan forum misteri saja.

Dari hasil pencarianku, ternyata berita ini telah menyebar di Singapura sejak seminggu yang lalu, melalui twitter, aku menemukan kalau banyak yang menyebut akun Narcosis (@S_chadenfreude) adalah pemilik dari boneka tersebut. Sayangnya, ketika aku mencoba mengakses akun @S_chadenfreude tersebut ternyata nama itu sudah tidak digunakan lagi.

Beruntung beberapa penulis Blog di Singapura sempat merekam percakapannya dengan pemiliki akun itu. Pemilik akun mengatakan kalau dia menutup mata boneka itu agar sang boneka tidak bisa mengikutinya lagi.
Melalui twitternya, Narcosis juga mengutuk orang yang telah membuka penutup mata boneka tersebut
Di dalam salah satu blog, aku juga menemukan seseorang yang mencapture percakapannya dengan uztadz yang telah membuka penutup mata di boneka tersebut.
Aku tidak bisa menarik kesimpulan yang pasti. Namun sebagai gambaran, yang pertama aku yakin kalau penemuan boneka ini memang telah terjadi di Singapura. Yang kedua, aku berasumsi kalau hal ini hanya dilakukan oleh orang iseng saja. Dia mencoba menarik perhatian dunia maya dengan akun Narcosisnya.
Mengapa aku berpikir demikian? karena si Narcosis terlalu banyak bicara. Jika memang boneka tersebut dirasuki makhluk halus atau dikutuk, tentu Narcosis tak mau banyak bicara karena sedikit banyaknya dia pasti akan ketakutan. Akun yang ditutup setelah ia melontarkan pernyataan-pernyataan yang menakut-nakuti juga merupakan indikasi kuat kalau ia melakukan semua hanya untuk sensasi saja.
Tapi pertanyaannya.. apakah memang Narcosis adalah pemilik sesungguhnya dari boneka itu? atau bisa jadi ia hanya ingin numpang tenar memancing di air keruh untuk memanfaatkan situasi itu?

Lalu bagaimana dengan tragedi orang bunuh diri dan juga pembunuhan setelah penemuan boneka itu seperti apa yang tertulis di kaskus? aku yakin ini hanya cerita tambahan saja agar semakin memperkuat sugesti supaya kita semakin takut terhadap boneka tersebut. Buktinya Blogger atau forum di Singapura sama sekali tidak ada yang menyinggung masalah bunuh diri dan juga pembunuhan tersebut. Dan ketika aku mencoba mencari berita tentang pembunuhan atau bunuh diri di Hougang, yang ada hanya cerita cerita lama dan tak ada berita terbaru tentang orang bunuh diri dalam satu minggu terakhir.

Kesimpulanku, Boneka dengan mata tertutup ini hanya kerjaan orang iseng yang kebetulan memiliki boneka dengan wujud menyeramkan dan ingin menakut nakuti dunia dengan cerita yang ia yakini pasti akan berkembang dengan sendirinya. Narcosis yang memakai username @S_chadenfreude sangat patut dicurigai sebagai sang sutradara perkembangan isu ini. Kalau kita selidiki lebih dalam lagi, Usernamenya itu ternyata dari bahasa Jerman yakni Schaden freude yang bisa diartikan dengan perasaan sukacita atau kesenangan ketika seseorang melihat lain gagal atau mengalami kemalangan.

Bukankah karakter seseorang dapat dilihat dari username yang dia gunakan?
Boneka Menyeramkan dengan mata tertutup kain ditemukan di Singapura. Hoax atau nyata? Boneka Menyeramkan dengan mata tertutup kain ditemukan di Singapura. Hoax atau nyata? Reviewed by Arif Rahman on 10:51:00 AM Rating: 5

7 comments:

  1. jadi ingin memiliki boneka itu hihihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha,. wih.. greget juga ente. kalo ane sih ngeri ngeliat bonekanya

      Delete
  2. sungguh bodoh bila umat islam percaya dengan hal itu , karena jin ataupun setan tidak akan bisa membunuh manusia , sudah tertera di AL-QUR'AN
    so , don't worry this not true

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya diatas aku bilang itu kemungkinan hanya kerjaan orang iseng saja

      Delete
  3. Pemikiran lu bener juga ya...
    Tapi yang pasti kisah" ini jangan dijadikan kepercayaan aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, karena itulah aku menulis tentang ini, supaya orang orang tidak berpikir macam macam lagi

      Delete
  4. Boneka ini emang serem , tapi jauh lebih serem sama orang yang percaya sama kisah boneka ini , meskipun ini hal nyata tanpa diketahui siapa pelakunya , namun kita gak sepantasnya takut , karena boneka tetaplah boneka , benda mati tak bermakna apa apa

    ReplyDelete

Tosca. Powered by Blogger.