Skip to main content

Flappy Bird tak ada lagi di Playstrore. Kenapa?


Pada tulisanku sebelumnya telah dibahas tentang sebuah game yang mendadak populer yaitu Flappy Bird (silahkan baca disini tentang review game tersebut). Dengan kepopulerannya tersebut, tentu banyak pengguna smartphone Android dan Iphone yang penasaran dan ingin mencoba bagaimana memainkan game yang fenomenaltersebut. Namun sangat mengejutkan, hari ini Game yang sempat nangkring di daftar game gratis terlaris itu mendadak lenyap dari playstore ataupun app store. Ada apa?
Usut punya usut, ternyata Flappy Bird memang telah ditarik sendiri oleh sang pembuat game, yaitu  Dong Nguyen, seorang pemuda asal Vietnam. Kabarnya dia terkejut dengan kepopuleran flappy bird dan hal itu kini sangat mengusik ketenangan hidupnya. Meski pernah mengklaim mendapatkan kurang lebih Rp. 600 Juta dari Iklan yang nangkring di Game tersebut, namun hal itu tidak menghentikan langkahnya untuk menarik Flappy Bird dari peredaran. Masak sih Nguyen mau melepaskan segala kepopuleran dan kekayaannya sekarang dan kembali pada kehidupan sederhananya yang dahulu?
Selanjutnya aku akan coba membahas mengapa game Flappy Bird ditarik dari play store dan app store.

Masalah Hukum
Pada tulisanku yang terdahulu, disebutkan kalau tampilan game ini mirip dengan game legendaris Nintendo Mario Bros, dari grafis 8-bit, Bentuk Pipa, hingga suara koin saat kita berhasil melewati pipa sangat identik dengan suara koin pada game mario bros. Namun setelah aku googling lebih dalam, aku berhasil mendapat fakta yang lebih mencengangkan.
 Gambar diambil dari sini
 Ada sebuah Game di tahun 2011 lalu yang tidak populer namun memiliki banyak sekali kemiripan dengan Flappy Bird. Piou Piou adalah nama game tersebut. Cara memainkannya pun bisa dibilang hampir 100% sama dengan Flappy Bird, yakni menerbangkan seekor burung kecil melewati rintangan (dalam hal ini pohon kaktus, bukan pipa).
Dengan segala fakta fakta di atas, bisa dibilang Game Flappy Bird adalah game yang jauh dari kata original. Dan melihat segala kesuksesannya, bukan tak mungkin suatu saat Pengembang Game Piou Piou maupun nintendo menuntut Dong Nguyen atas tuduhan plagiat. Bisa jadi karena takut akan hal tersebut Nguyen buru buru menarik Game buatannya itu agar tak jadi masalah di kemudian hari.

Strategi Jenius Nguyen
Lalu, apakah dengan ditariknya Flappy Bird dari Playstore dan Appstore akan membuat Nguyen kehilangan popularitas dan juga kekayaannya? Mungkin tidak!!
Faktanya, sebelum Flappy Bird benar benar ditarik Nguyen sempat memberi Ultimatum 22 jam sebelum proses eksekusi melalui akun Twitternya. Bisa ditebak, berbagai reaksi massa pun bermunculan.. Ada yang menyayangkan, bahkan ada pula yang mengancam akan membunuh Nguyen seandainya hal itu benar-benar dilakukannya. Namun terlepas dari reaksi orang orang tersebut, jumlah unduhan Flappy Bird langsung melonjak naik. Wajar saja karena orang orang pasti penasaran dan ingin segera memiliki game ini di smartphonenya sebelum benar benar dihapus. Rumor akan dihapuskannya game ini ternyata malah membuat popularitas Flappy Bird semakin naik. 
22 Jam setelah ultimatum tersebut, Rumor itu pun terbukti benar. Nguyen ternyata serius menarik Game Burung ini dari Application Store iphone dan android. Lalu, apakah pendapatan Ngyuen dari Flappy Bird akan berhenti sampai di sini saja? mari kita pelajari.
Flappy Bird adalah game gratis yang tersedia di app store. Pendapatan yang diperoleh Dong Nguyen selama ini adalah dari iklan yang tampil saat kita memainkan game tersebut. Artinya, selama orang masih memainkan Flappy Bird dan melihat iklan iklan yang tampil, maka Dong Nguyen masih akan mendapatkan penghasilan. Besarnya jumlah unduhan tidak mempengaruhi pendapatannya secara signifikan.
Berita baik untuk pecinta Flappy Bird dan Nguyen sendiri adalah; meski sudah tak lagi tersedia di Application Store. Toh Flappy Bird masih bisa dimainkan oleh pengguna yang sudah menginstall game ini sebelum akhirnya dihapus. Flappy Bird masih ada, namun kini statusnya adalah game yang Limited Edition.
Apa yang terlintas dalam pikiran kita terhadap sesuatu yang berstatus "limited edition"? pasti kesan nya Barang bagus, Banyak peminatnya, Prestise tinggi, dll. Benda yang limited edition pasti memiliki popularitas yang begitu tinggi dan sangat ditunggu kehadirannya.
Jujur saja, sebelumnya aku yakin popularitas Flappy Bird ini tidak akan bertahan lama. Selain karena gameplaynya yang agak sulit, tampilan dan metode permainannya juga monoton. Apalagi sekarang sudah ada cheat yang bisa membuat skor game ini menjadi sekehendak hati  menjadi skor Ribuan bahkan jutaan.. WTF!!
Namun, sebelum Popularitas Flappy bird menjadi turun karena waktu, Nguyen berhasil membuat gebrakan jenius dengan menghentikan peredaran game ini. Mengapa aku katakan jenius? Dengan menghentikan sesuatu di puncak popularitas, maka sesuatu pasti akan menjadi legenda. Contoh: Nike Ardila meninggal di puncak popularitas, dia menjadi legenda. Dalam dunia sepakbola, Marco Van Basten pensiun dini saat karirnya sedang bagus bagusnya. Dan dia dianggap sebagai salah satu stirker terhebat di dunia. Bandingkan dengan Michael Owen yang mencapai popularitasnya di usia muda, namun selanjutnya penampilannya merosot tajam karena cedera. Di penghujung karir ia malah tidak terlalu mendapat respect dan tak bisa mencapai level legenda.
Flappy Bird mungkin sudah tiada. Namun "brand" game ini  sudah melekat pada pikiran para pecinta game smartphone. Dan jangan lupakan kalau Dong Nguyen juga masih ada, dia masih punya banyak game game lain yang dikembangkannya. Bukan tidak mungkin saat ini Ngyuen sedang menggarap sekuel dari Flappy Bird. Menyempurnakan segala kekurangan dari game prekuelnya, dan suatu saat.. ketika dia sudah siap maka sekuel dari Flappy Bird pasti akan menggebrak Application Store karena sudah punya "brand" dan sudah ditunggu para penggemarnya terdahulu.

Terlepas dari beberapa analisaku di atas, bisa saja Dong Nguyen adalah memang seorang yang sangat sederhana dan tidak menyukai popularitas. Mungkin dia memang tidak siap dengan semuanya maka kemudian menarik kembali game tersebut agar hidupnya kembali tenang. Who Knows?

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Android: Cara Login Lebih dari Satu Akun Gmail

Android, sebagaimana kita ketahui juga adalah merupakan Smartphone canggih yang tentunya dirancang untuk tak sekedar menelepon atau SMS saja, namun juga memiliki fitur untuk komunikasi yang terkoneksi dengan internet seperti chatting, media sosial atau bahkan untuk berkirim email.
Khusus untuk yang terakhir disebutkan tadi, kita ketahui bersama kalau Android itu identik dengan Google. Bahkan untuk dapat menggunakan Smartphone ini kita diwajibkan untuk memasukkan akun google agar bisa mengakses berbagai fitur android seperti Gmail, Play Store, bahkan Google Wallet. Beberapa teman saya mengaku kesulitan ketika mereka memiliki 2 buah akun gmail dan ingin dua duanya online dalam satu perangkat android mereka. Dalam aplikasi Gmail Android sendiri, tidak terdapat pilihan untuk membuat multiple akun seperti pada versi Google Chrome di desktop. Lalu bagaimana cara agar kita bisa login lebih dari satu akun Gmail pada android? Simak langkah langkah berikut ini:

Daftar Rekomendasi Film Asia Part 2

Tulisan ini menyambung daftar yang pernah aku tulis dulu, yakni Daftar Rekomendasi Film Asia (silahkan klik link tersebut untuk membacanya). Sebelumnya mungkin akan banyak yang bertanya mengapa film film populer seperti My sassy Girl atau Hello Stranger tidak aku masukkan di sini. Hal itu dikarenakan film film tersebut sudah pernah aku tulis dalam satu entri khusus sebelumnya. Bagi yang penasaran mungkin bisa dicek lagi pada tulisanku yang diberi label Coretan di Layar Lebar. Mungkin juga akan ada yang bertanya mengapa tidak ada film yang bergenre action dalam daftar rekomendasi aku. Alasannnya adalah karena aku tidak begitu menyukai genre tersebut, jadi aku kurang memperhatikan dan tidak bisa merekomendasikan. Daftar inipun sebenarnya bersifat subyektif pada penilaianku saja, berdasarkan film yang pernah aku tonton. Tentunya aku akan sangat berterimakasih jika kalian yang kebetulan berkunjung mau berbagi tentang film apa lagi yang recomended untuk kategori film asia di kolom komenta…

Sleep Pharalysis (cerpen)

02.53
Dari sudut jalan nampak bias cahaya lampu terlihat melalui jendela kamar Sam, yang menandakan masih ada aktivitas yang terjadi di kamar tersebut. Sudah terlalu larut memang. Bagi pelajar SMA seperti Sam, di jam seperti ini seharusnya ia sedang terlelap dan beristirahat guna mengisi tenaga agar bisa konsentrasi untuk sekolahnya besok pagi. Namun faktanya sekarang, Sam masih terjaga. Ia bukannya tak bisa tidur, namun ia tidak berani untuk tidur. Ia terlalu takut.. karena sesuatu yang sangat mengerikan menanti dirinya apabila ia sampai lengah dan terlelap. Sesuatu yang baru saja dialaminya sekitar satu jam yang lalu !!