9-9-81 Satu cerita dalam 9 Kisah


9-9-81 adalah film produksi Thailand yang (katanya) dibuat berdasarkan kisah nyata. Hal tersebut cukup bisa diterima, mengingat kisah dalam film ini sebenarnya sederhana saja; Seorang wanita tewas bunuh diri setelah mendengar calon suaminya meninggal karena kecelakaan. Namun uniknya, film ini disajikan dengan 9 sudut pandang berbeda, dengan 9 sutradara yang berbeda pula, Yang mana ke - 9 kisah kisah tersebut nantinya akan membentuk satu kesatuan yang saling berkaitan dan terangkai menjadi sebuah cerita utuh. Sebuah konsep yang sangat menarik!!

Film ini dibuka dengan adegan seorang wanita cantik yang mengenakan pakaian pengantin lengkap. Ia berjalan perlahan menuju atap apartemen dan berdiri di pinggiran. Sedetik kemudian tampak wanita itu sudah meluncur bebas menuju tanah. Menuju kematiannya..
Lalu cerita pun dimulai..



1. The Waiter

Bercerita tentang seorang pengantar makanan di apartemen tempat menginapnya wanita cantik tersebut. Ia memiliki fantasi tersendiri pada wanita itu dan dengan sengaja mencuri pakaian dalam wanita itu untuk memenuhi hasratnya. Kematian sang wanita tepat di hadapannya membuatnya dilanda ketakutan yang teramat sangat. Belum lagi pakaian dalam wanita itu yang masih ada di tangannya. Iapun memutuskan untuk mengembalikan dan menaruh pakaian dalam tersebut ke dalam kamar sang wanita. Sebuah keputusan yang mungkin akan disesalinya seumur hidupnya.

2. The New Tenant


Pasca meninggalnya sang wanita, seorang pria menyewa kamar yang dulunya ditempati wanita tersebut. Bisa ditebak, berbagai kejadian anehpun menemani hidupnya di apartemen tersebut.

3. Friend

Wi, Nama wanita cantik yang bunuh diri itu memiliki seorang teman akrab yang secara fisik sangat bertolak belakang dengan Wi. Setelah mendengar Wi akan menikah dengan kong (yang juga temannya), ia melakukan sesuatu yang agak janggal. Puncaknya ketika ia memberitahu pada Wi kalau Kong sudah meninggal karena kecelakaan sehingga Wi memutuskan untuk bunuh diri. Ia mungkin menjadi orang yang paling bertanggung jawab atas kematian WI.

4. The Lover

Kong, nama pria tersebut. Adalah seorang pemuda tampan yang bermulut manis. Wi pun sangat tergila gila padanya dan sangat ingin dinikahi oleh kong. Kong yang tidak begitu serius dengan hubungan mereka meminta sahabat Wi untuk mengarang berita tentang kematiannya. Sehingga Wi sangat terpukul dan akhirnya bunuh diri. Di hari terakhir pemakaman Wi, Kong datang untuk memenuhi janjinya pada Wi semasa hidup. Yakni menyematkan cincin pada jari manis Wi.... Namun sesuatu terjadi !!

5. The Maid



Apartemen tempat Wi menginap memiliki pembantu yang rakus pada harta. Ia memanfaatkan hawa arwah penasaran Wi untuk bisa menang togel. Ia/mereka juga bertanggung jawab atas kejadian kejadian aneh yang dialami Pria penyewa kamar Wi di cerita nomor 2.

6. Mother

Kehilangan anak tersayang tentu membuat Ibu Wi sangat terpukul. Rasa penasaran atas kebenaran penyebab anaknya bunuh diri mengantarkan sang ibu pada pria bernama Kong. Bersama sang suami (ayah Wi), ia memiliki sebuah rencana besar.

7. The Groom

Berita tentang arwah penasaran Wi sudah menakuti seisi apartemen. Untuk menghilangkan hawa penasaran Wi yang ingin menikah, seorang teman wi yang mungkin juga memiliki rasa terhadap Wi semasa hidup mau menjadi sukarelawan agar menjadi pengantin pria arwah wi. Lalu upacara perkawinan arwah ini pun dimulai.....

8. Old Soldier

Ayah Wi adalah seorang pensiunan prajurit, Tidak jauh berbeda dengan Ibunya namun sang ibu masih aktif.  Jiwa prajurit yang mengalir dalam darah mereka membuat mereka tanpa ragu melakukan sesuatu sebagai balasan dan juga sebagai rasa kebersamaan.

9. Old Dog

Kejanggalan dalam kasus Wi berhasil diendus oleh seorang polisi yang pemabuk. Ia terus dan terus mencari fakta dan menemukan kalau semua kasus ini saling berkaitan.





 ***
Kalau menurut aku pribadi, film ini memiliki konsep yang fresh dan menarik. Apa yang hadir di cerita awal akan terjawab pada cerita cerita selanjutnya. Tidak secerdas film Memento memang, karena masih banyak lubang lubang yang menganga begitu lebar pada cerita ini. Tapi secara keseluruhan tetap menarik.
"The Waiter" yang hadir sebagai pembuka tampil apik dan segar. "The New Tenant" disajikan bercampur dengan animasi komik, namun tidak ada yang istimewa. "Friend" mencoba membuka fakta yang terjadi, berhasil. Namun menyisakan lubang besar yang menganga. "The Lover" masih berhubungan dengan cerita sebelumnya. Not Bad!! "The Maid" memiliki ide yang cukup bagus, namun eksekusi horrornya masih kurang. "Mother" merupakan jawaban dari cerita sebelumnya. "The Groom" berdiri sendiri, mungkin sebaiknya cerita ini diletakkan di akhir saja. "Old Soldier" merupakan kelanjutan.. namun masih belum meninggalkan kesan. "Old Dog" Harusnya bisa menjadi penutup yang brilian, namun sayang menjadi sangat mengecewakan.

Kesimpulan.. Film horror ini memiliki cerita yang menarik. Namun bagi para pecinta horror sejati. Tingkat keseraman film ini tergolong masih sangat rendah.


Nilai: 3 dari 5
9-9-81 Satu cerita dalam 9 Kisah 9-9-81 Satu cerita dalam 9 Kisah Reviewed by Arif Rahman on 11:32:00 AM Rating: 5

2 comments:

  1. Dari gambarnya sih kayanya lumayan serem..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah.. kalo dibandingin sama film horror thailand yang lain sih. Film ini ga ada ap aapanya

      Delete

Tosca. Powered by Blogger.