Skip to main content

9-9-81 Satu cerita dalam 9 Kisah


9-9-81 adalah film produksi Thailand yang (katanya) dibuat berdasarkan kisah nyata. Hal tersebut cukup bisa diterima, mengingat kisah dalam film ini sebenarnya sederhana saja; Seorang wanita tewas bunuh diri setelah mendengar calon suaminya meninggal karena kecelakaan. Namun uniknya, film ini disajikan dengan 9 sudut pandang berbeda, dengan 9 sutradara yang berbeda pula, Yang mana ke - 9 kisah kisah tersebut nantinya akan membentuk satu kesatuan yang saling berkaitan dan terangkai menjadi sebuah cerita utuh. Sebuah konsep yang sangat menarik!!

Film ini dibuka dengan adegan seorang wanita cantik yang mengenakan pakaian pengantin lengkap. Ia berjalan perlahan menuju atap apartemen dan berdiri di pinggiran. Sedetik kemudian tampak wanita itu sudah meluncur bebas menuju tanah. Menuju kematiannya..
Lalu cerita pun dimulai..



1. The Waiter

Bercerita tentang seorang pengantar makanan di apartemen tempat menginapnya wanita cantik tersebut. Ia memiliki fantasi tersendiri pada wanita itu dan dengan sengaja mencuri pakaian dalam wanita itu untuk memenuhi hasratnya. Kematian sang wanita tepat di hadapannya membuatnya dilanda ketakutan yang teramat sangat. Belum lagi pakaian dalam wanita itu yang masih ada di tangannya. Iapun memutuskan untuk mengembalikan dan menaruh pakaian dalam tersebut ke dalam kamar sang wanita. Sebuah keputusan yang mungkin akan disesalinya seumur hidupnya.

2. The New Tenant


Pasca meninggalnya sang wanita, seorang pria menyewa kamar yang dulunya ditempati wanita tersebut. Bisa ditebak, berbagai kejadian anehpun menemani hidupnya di apartemen tersebut.

3. Friend

Wi, Nama wanita cantik yang bunuh diri itu memiliki seorang teman akrab yang secara fisik sangat bertolak belakang dengan Wi. Setelah mendengar Wi akan menikah dengan kong (yang juga temannya), ia melakukan sesuatu yang agak janggal. Puncaknya ketika ia memberitahu pada Wi kalau Kong sudah meninggal karena kecelakaan sehingga Wi memutuskan untuk bunuh diri. Ia mungkin menjadi orang yang paling bertanggung jawab atas kematian WI.

4. The Lover

Kong, nama pria tersebut. Adalah seorang pemuda tampan yang bermulut manis. Wi pun sangat tergila gila padanya dan sangat ingin dinikahi oleh kong. Kong yang tidak begitu serius dengan hubungan mereka meminta sahabat Wi untuk mengarang berita tentang kematiannya. Sehingga Wi sangat terpukul dan akhirnya bunuh diri. Di hari terakhir pemakaman Wi, Kong datang untuk memenuhi janjinya pada Wi semasa hidup. Yakni menyematkan cincin pada jari manis Wi.... Namun sesuatu terjadi !!

5. The Maid



Apartemen tempat Wi menginap memiliki pembantu yang rakus pada harta. Ia memanfaatkan hawa arwah penasaran Wi untuk bisa menang togel. Ia/mereka juga bertanggung jawab atas kejadian kejadian aneh yang dialami Pria penyewa kamar Wi di cerita nomor 2.

6. Mother

Kehilangan anak tersayang tentu membuat Ibu Wi sangat terpukul. Rasa penasaran atas kebenaran penyebab anaknya bunuh diri mengantarkan sang ibu pada pria bernama Kong. Bersama sang suami (ayah Wi), ia memiliki sebuah rencana besar.

7. The Groom

Berita tentang arwah penasaran Wi sudah menakuti seisi apartemen. Untuk menghilangkan hawa penasaran Wi yang ingin menikah, seorang teman wi yang mungkin juga memiliki rasa terhadap Wi semasa hidup mau menjadi sukarelawan agar menjadi pengantin pria arwah wi. Lalu upacara perkawinan arwah ini pun dimulai.....

8. Old Soldier

Ayah Wi adalah seorang pensiunan prajurit, Tidak jauh berbeda dengan Ibunya namun sang ibu masih aktif.  Jiwa prajurit yang mengalir dalam darah mereka membuat mereka tanpa ragu melakukan sesuatu sebagai balasan dan juga sebagai rasa kebersamaan.

9. Old Dog

Kejanggalan dalam kasus Wi berhasil diendus oleh seorang polisi yang pemabuk. Ia terus dan terus mencari fakta dan menemukan kalau semua kasus ini saling berkaitan.





 ***
Kalau menurut aku pribadi, film ini memiliki konsep yang fresh dan menarik. Apa yang hadir di cerita awal akan terjawab pada cerita cerita selanjutnya. Tidak secerdas film Memento memang, karena masih banyak lubang lubang yang menganga begitu lebar pada cerita ini. Tapi secara keseluruhan tetap menarik.
"The Waiter" yang hadir sebagai pembuka tampil apik dan segar. "The New Tenant" disajikan bercampur dengan animasi komik, namun tidak ada yang istimewa. "Friend" mencoba membuka fakta yang terjadi, berhasil. Namun menyisakan lubang besar yang menganga. "The Lover" masih berhubungan dengan cerita sebelumnya. Not Bad!! "The Maid" memiliki ide yang cukup bagus, namun eksekusi horrornya masih kurang. "Mother" merupakan jawaban dari cerita sebelumnya. "The Groom" berdiri sendiri, mungkin sebaiknya cerita ini diletakkan di akhir saja. "Old Soldier" merupakan kelanjutan.. namun masih belum meninggalkan kesan. "Old Dog" Harusnya bisa menjadi penutup yang brilian, namun sayang menjadi sangat mengecewakan.

Kesimpulan.. Film horror ini memiliki cerita yang menarik. Namun bagi para pecinta horror sejati. Tingkat keseraman film ini tergolong masih sangat rendah.


Nilai: 3 dari 5

Comments

  1. Dari gambarnya sih kayanya lumayan serem..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah.. kalo dibandingin sama film horror thailand yang lain sih. Film ini ga ada ap aapanya

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Android: Cara Login Lebih dari Satu Akun Gmail

Android, sebagaimana kita ketahui juga adalah merupakan Smartphone canggih yang tentunya dirancang untuk tak sekedar menelepon atau SMS saja, namun juga memiliki fitur untuk komunikasi yang terkoneksi dengan internet seperti chatting, media sosial atau bahkan untuk berkirim email.
Khusus untuk yang terakhir disebutkan tadi, kita ketahui bersama kalau Android itu identik dengan Google. Bahkan untuk dapat menggunakan Smartphone ini kita diwajibkan untuk memasukkan akun google agar bisa mengakses berbagai fitur android seperti Gmail, Play Store, bahkan Google Wallet. Beberapa teman saya mengaku kesulitan ketika mereka memiliki 2 buah akun gmail dan ingin dua duanya online dalam satu perangkat android mereka. Dalam aplikasi Gmail Android sendiri, tidak terdapat pilihan untuk membuat multiple akun seperti pada versi Google Chrome di desktop. Lalu bagaimana cara agar kita bisa login lebih dari satu akun Gmail pada android? Simak langkah langkah berikut ini:

The Notebook - Film Paling Romantis?

Entah kenapa aku lagi pengen drama romantis.. Iseng-iseng nyari rekomendasinya di google. Dan kebetulan film inilah yang pertama aku temukan beserta link downloadnya. Ya sudah, hajar! hehe..

The notebook (2004) Bercerita tentang kisah cinta Noah, seorang pemuda desa miskin dan Allie, gadis kota dari keluarga berada. Berbagai rintangan mereka lalui dalam hubungan mereka. Jarak dan waktu pun tak lantas melunturkan rasa di antara mereka. Terdengar romantis bukan? itu belum apa-apa, kalian akan menemukan berbagai momen-momen yang begitu menyentuh hati ketika menonton sendiri filmnya.

Film ini dibuka dengan adegan seorang lelaki mengayuh perahu di danau pada senja hari. disekelilingnya, burung angsa beterbangan entah menuju ke mana. Dari sebuah rumah di dekat sana seorang wanita tua sedang memperhatikan dia, dengan tatapan yang penuh makna. Sungguh sebuah adegan pembuka yang luar biasa, ditambah lagi adegan itu diiringi backsound instrumen piano. Menit-menit pertama yang langsung membuatk…

Daftar Rekomendasi Film Asia Part 2

Tulisan ini menyambung daftar yang pernah aku tulis dulu, yakni Daftar Rekomendasi Film Asia (silahkan klik link tersebut untuk membacanya). Sebelumnya mungkin akan banyak yang bertanya mengapa film film populer seperti My sassy Girl atau Hello Stranger tidak aku masukkan di sini. Hal itu dikarenakan film film tersebut sudah pernah aku tulis dalam satu entri khusus sebelumnya. Bagi yang penasaran mungkin bisa dicek lagi pada tulisanku yang diberi label Coretan di Layar Lebar. Mungkin juga akan ada yang bertanya mengapa tidak ada film yang bergenre action dalam daftar rekomendasi aku. Alasannnya adalah karena aku tidak begitu menyukai genre tersebut, jadi aku kurang memperhatikan dan tidak bisa merekomendasikan. Daftar inipun sebenarnya bersifat subyektif pada penilaianku saja, berdasarkan film yang pernah aku tonton. Tentunya aku akan sangat berterimakasih jika kalian yang kebetulan berkunjung mau berbagi tentang film apa lagi yang recomended untuk kategori film asia di kolom komenta…