Dunia Sepakbola kembali berduka (RIP Morosini)



Agak telat sih karena aku baru menuliskannya sekarang, sebenarnya peristiwa ini terjadi di malam minggu kemarin, tapi karena modemku lagi bermasalah, jadinya aku ga bisa ngepost saat itu juga.
Sabtu malam kemarin, dalam kelanjutan partai Serie B italia Pescara melawan Livorno, ketika pertandingan telah memasuki menit ke 31 Salah seorang pemain Livorno, Piermario Morosini tiba tiba terjatuh tanpa sebab.Meski sempat bangun sebentar, tapi kemodian ia malah roboh lagi.
Melihat hal tersebut, petugas medis pun secepatnya membawa dia ke rumah sakit, namun sayang... dalam perjalanan, ia telah menghembuskan nafas terakhirnya.

Tentunya masih segar dalam ingatan kita tentang peristiwa yang menimpa Fabrice Muamba yang juga mengalami hal serupa di tanggal 30 maret yang lalu. Ia juga tiba-tiba pingsan di lapangan karena masalah jantung, meski jantungnya sempat berhenti selama 78 menit, Namun ia lebih beruntung karena akhirnya bisa kembali bernafas. Dan hingga kini, ia sudah menunjukkan tanda-tanda kesehatan yang semakin membaik.

Kalau kita mundur lebih jauh lagi, ada satu pemain timnas kamerun yang juga meninggal di lapangan karena masalah jantung, ia adalah Marc Vivien Foe. Pada tanggal 26 Juni 2003 yang lalu di piala konfederasi, ia tiba tiba saja mengalami kolaps di lapangan dan meninggal beberapa saat kemudian. Seluruh dunia pun ikut berduka atas peristiwa tersebut.

Ketiga pemain di atas hanyalah sebagian dari daftar nama pemain yang mengalami kolaps di lapangan karena masalah jantung. Dengan peristiwa peristiwa tersebut, seharusnya memberikan pelajaran kepada masing masing klub agar lebih memperhatikan kesehatan fisik para pemainnya. Sepakbola itu olahraga yang sehat, tapi bukan untuk orang yang sakit. Bagaimanapun juga, ketahanan tubuh manusia itu ada batasannya. Jika memang sang pemain sedang tidak dalam kondisi sehat, maka ia tidak boleh ikut bertanding. Pihak medis klub pasti tau mana pemain yang layak dan mana yang tidak.

Semoga saja kasus Piermario Morosini ini adalah yang terakhir bagi dunia olahraga pada umumnya dan sepakbola pada khususnya, semoga tidak ada lagi Morosini ataupun Muamba yang lain yang tumbang di lapangan saat bertanding.

Selamat jalan, Piermario Morosini......
Dunia Sepakbola kembali berduka (RIP Morosini) Dunia Sepakbola kembali berduka (RIP Morosini) Reviewed by Arif Rahman on 6:27:00 PM Rating: 5

No comments:

Tosca. Powered by Blogger.