Edisi Curhat - paket internet


Satu minggu terakhir ini terasa ada yang kurang dalam hidupku, iya. aku sedang dalam kondisi galau segalau galaunya.. Hm.. kegalauan yang tercipta bukan semata karena masalah cinta seperti orang kebanyakan. Aku lagi bingung.. karena belum menemukan kartu yang cocok buat paket internet di modemku.

Sebelumnya selama ini aku menggunakan kartu XL dengan paket internet unlimited kuota 500MB seharga 49 ribu. dan jujur, aku sangat puas dengan paket itu. Meskipun kuota batasan kecepatan normal cuma 500 MB, tapi karena jaringan XL di sekitar tempat tinggalku sangat kuat, jadinya meski jatah 500 MB itu telah habis dan kecepatannya diturunkan tidak ada perubahan yang berarti karena dalam kondisi apapun akses internetku selalu ngebut.

Akan tetapi sejak beberapa bulan yang lalu paket tersebut sudah ditiadakan oleh pihak XL, dan tidak tersedia lagi dalam daftar menu paket internet. namun bagi pengguna yang sudah mendaftar paket tersebut masih bisa diperpanjang otomatis  jika masa paket itu telah berakhir dengan catatan pulsanya cukup.
Namun curangnya, pihak XL sepertinya memang berencana untuk memusnahkan para pengguna paket unlimited itu. Jika dalam bulan bulan sebelumnya biasanya pihak XL akan memberitahukan kepada pelanggan beberapa hari sebelum masa berlaku paket internet habis, agar pelanggan bisa mengisi pulsa untuk memperpanjang paket. maka kali ini mereka sama sekali tidak mengirimkan pemberitahuan seperti itu, alhasil kemarin aku kaget setengah hidup ketika ada sms seperti ini:

"Pkt XL Internet Unlimited 500MB,30hr,Rp49rb terhenti krn pulsa tdk cukup.Anda akan menikmati tarif dasar internet.Segera daftar Pkt Internet HotRod3G+ di*123#"

Dalam pesan tersebut tersirat jelas kalau mereka menyuruh pelanggan untuk berganti ke paket internet HotRod, sebuah program baru yang mereka buat.
Iya, aku jadi penasaran dengan paket HotRod itu. Kupikir pastilah akan lebih baik dari yang sebelumnya.
Namun agak kecewa juga ketika aku membaca paket paket yang ditawarkan, Kecepatan yang dijanjikan memang bisa dibilang luar biasa. Namun ada satu hal yang sangat mengganjal di sana; TIDAK ADA PAKET UNLIMITED!!
semuanya menggunakan kuota yang bila penggunaannya telah habis, maka tarif Rp 1/KB akan diberlakukan terhadap pulsa kita.
Sekilas aku sudah membayangkan kalau paket ini pasti akan jadi mahal. Namun karena penasaran dengan kecepatan yang ditawarkan, aku coba juga mendaftar paket yang 10 ribu dengan kuota 50 MB dengan masa berlaku 7 hari.
Yap, internetnya memang ngebut.. aku bisa buka video di youtube tanpa buffer. memang sangat memuaskan. tapi....
belum sampai satu jam aku browsing (buka facebook, twitter, blogwalking) eh tiba-tiba internetku putus.
Selidik punya selidik ternyata kuota 50 MB itu sudah habis, dan pulsakupun juga ternyata ikut ikutan habis.
aku cuma bisa melongo...

Bayangkan, ternyata dengan pulsa 10 ribu aku cuma bisa internetan kurang dari 1 jam. trus bagaimana hitungannya kalau dikalkulasikan selama 1 bulan?
pasti mahal kan??
dibandingkan dengan dulu "hanya" dengan 49 ribu sebulan aku sudah dapat berinternetan kapan saja dimana saja tanpa batas.
huh... mau tidak mau aku mulai melirik operator lain yang bisa menawarkan harga yang lebih murah.

Aku mulai menggali info tentang operator yang menawarkan paket internet unlimited, atas rekomendasi teman aku mencoba kartu tri dengan paket unlimited 35 ribu  kuota 500 MB. Dari segi harga memang lebih murah jika dibandingkan dengan paket XL ku yang dulu, tapi harga murah juga ternyata tak menjamin kepuasan pelanggan.
Ternyata  internetan dengan menggunakan kartu tri luar biasa leletnya!! padahal sinyal di modem sudah menunjukkan HSDPA, tapi tetap saja kelambatannya sangat terasa. Bahkan untuk membuka halaman facebook versi mobile saja masih harus menunggu hampir satu menit tiap reloadnya.
Luar biasa!!
coba liat gambar statistik kecepatan modemku ketika menggunakan kartu tri di bawah ini:

Kecewa, tentu saja. dengan kecepatan seperti ini aku yakin akan sangat menghambatku ketika mengupload foto atau bahkan menulis entri di blog. Hingga detik ini aku masih mencari cari operator yang menawarkan paket unlimited dengan kecepatan yang tidak mengecewakan.

Ada saran??

Edisi Curhat - paket internet Edisi Curhat - paket internet Reviewed by Arif Rahman on 3:08:00 PM Rating: 5

8 comments:

  1. pake flexi ja dah ko ae..hihiyy..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. mun flexi berarti modemnya harus diganti jua tuh.
      sayang ah,, yang ada ne pank diolah apa

      Delete
  2. wah sama,, aq jg dulu pke paket internet XL yg 49rb itu. cukup bikin galau pilah pilih paket internet, jd sementara ini masih pke paket XL yg 25rb 500MB tdk unlimited, beberapa hari udah habis tu paket, padahal udah di hemat2in pake nya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...
      alhamdulillah,, aku tidak sendirian :D

      iya, aku sempat mencobai ke indosat. paket 50 ribu unlimited. Sinyalnya 3G sih.. tapi turun naik, jdnya kurang stabil. Bahkan kadang kadang kada mau konek lalu. Lebih buruk dari tri.

      jdnya sekarang aku pake xl aja yang 500 MB 49 ribu.
      udah seminggu neh, belum habis jua :D
      makenya beharit banar. hahaha..
      dampaknya blog jadi kurang update

      Delete
  3. dulu saya pake kartu tri dengan paket 500mb.
    Dulu setiap saya baru mendaftar paket 50mb,saya selalu semangat untuk cepet-cepet menghabiskannya karena anehnya jika quota saya habis,kecepatannya malah semakin bertambah bisa sampai 3mbps received.

    Tetapi sekarang saya cuma pake paket yang 12rb,itupun untuk penggunaan hape,karena paket yang 35rb sudah tidak seperti dulu.
    Setiap habis quota,jaringan sangat sulit sekali menyentuh koneksi hsdpa..

    Saya jg masih bingung dalam mencari operator internet..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw.. menarik sekali tentang kasus kecepatan bertambah disaat kuota sudah habis seperti itu.
      kalo di tempat saya kalau kuota tri sudah habis, maka dipastikan kita tidak akan minat lagi buka internet karena leletnya yang minta ampun itu.

      Kalau saya sekarang kembali ke XL saja, yang penting jaringan lancar dan cepat. Walaupun harga yang dibayar jadi lebih mahal.

      Kita ga boleh terlalu berharap lebih jika tak berani bayar lebih kan?

      Delete
  4. mohon maaf sebelumnya ya mas..

    bukannya jelek2in yah... bahkan udah di bahas di metro tv kalo ga salah, ga ada yg stabil kecuali speedy, operator laen mah.. bohongan smua promonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju...
      tapi sesuai juga kan sama tarif yang harus dibayar?

      ada harga ada rupa

      Delete

Tosca. Powered by Blogger.