Suara dan video yang bisa mempengaruhi mental


Ada seseorang yang curhat padaku karena begitu ketakutan setelah menonton acara *** spot-spot yang ada di televisi. Kebetulan acara itu sedang membahas lagu maupun video yang mampu membuat orang yang mendengar dan melihatnya menjadi tersihir dan berbuat sesuatu diluar logika. Aku sendiri sudah pernah mendengar/menonton musik dan video tersebut. Untuk itu aku akan memberikan sedikit pengalaman ketika aku menonton dan mendengarkan semuanya.

1, Gloomy Sunday

Coba deh, search di google apa itu gloomy sunday. Akan muncul cerita kalau lagu ini adalah lagu kematian, yang akan membuat orang yang mendengarnya menjadi ingin mengakhiri hidupnya sendiri.
Lagu ini diciptakan tahun 1933 oleh Rezso Seress, seorang komposer dari hungaria. dengan judul asli Szomorú Vasárnap. Sayangnya.. setelah lagu ciptaannya ini menjadi hits, ia malah stress dan melompat dari apartemennya sendiri. Orang-orang mengatakan kalau alasan ia bunuh diri adalah karena ia depresi dan tertekan karena tidak bisa menciptakan lagi lagu yang bisa menjadi hits seperti ini. (masuk akal gak sih??)

Sepertinya lagu ini memang dikutuk, banyak sekali cerita-cerita kematian atau bunuh diri yang berhubungan dengan lagu ini, aku tak akan menyebutkan satu persatu, tapi  kalian bisa mencarinya sendiri di google.
Mengetahui ada lagu yang seperti itu membuat aku penasaran jua,,, seperti apa sih gloomy sunday itu. Yah... iseng-iseng aku download saja di salah satu situs tempat download lagu. Beruntung ternyata aku bisa mendapatkan versi asli (katanya) dan juga versi instrumentnya sekaligus.
Dan.. inilah saat yang paling mendebarkan,, apakah setelah mendengarkan lagu itu bisa membuat aku bunuh diri? (mungkin jawabannya sudah kalian ketahui, karena aku masih bisa menulis disini)
Sebelum mendengarkan, aku iseng mengupdate status di facebook seperti ini : "NP - Gloomy Sunday, lagu yang konon bisa membuat orang bunuh diri setelah mendengarnya" buat jaga jaga saja. hehehe..
Lagu ini.. memang bernuansa sedih, dengan musik mendayu dayu yang mengalun begitu lembut. Tapi menurutku tetap saja ini cuma sebuah lagu. Tidak berbeda dengan lagu-lagu sedih lainnya. Hanya saja,  jika kita mendengarnya dikala sedang patah hati, kesepian, depresi, atau dililit utang, mungkin bisa saja lagu ini menunjang niat kita yang ingin bunuh diri.
Pada akhirnya semua kembali kepada pendengarnya sendiri.. disadari atau tidak, musik memang dapat memberikan pengaruh terhadap suasana hati seseorang. Gloomy sunday hanyalah salah satu dari sekian banyak lagu yang dibuat dengan nuansa sedih.. mungkin yang membuat ia begitu ditakuti hanyalah cerita-cerita yang menyertainya itu.


2. Karlmayer

Video karlmayer dapat kita temui di youtube. konon katanya video ini berisi suara suara dari alam sebelah.. yang dapat mempengaruhi pikiran pendengarnya -yang paling parah bisa menjadi gila-.
Lagi-lagi karena penasaran, aku download video ini. Biar lebih menghayati, aku matikan lampu kamar (kebetulan malam hari) pasang headset, volume diset ke max. Dan.... its showtime..!!
Video ini diawali dengan suara anak kecil yang tertawa, kemudian berlanjut dengan suara suara aneh lainnya. Okey jujur, aku hanya bisa bertahan beberapa detik kala menonton video ini dengan kondisi seperti tadi. Aku menyerah, Akhirnya lampu aku nyalakan, headset aku lepas, dan volume aku set 50% saja
Yap, akhirnya aku bisa menonton video ini sampai tuntas. video yang berdurasi 3 menit 6 detik ini berisi gambar-gambar yang ganjil, anak anak, bunga, badut yang ditampilkan dengan "aneh" dan diiringi suara suara aneh yang begitu ganjil. Suara anak tertawa, suara perempuan menangis, orang menyanyi, orang berteriak, dll. Pada akhirnya efek yang aku rasakan setelah menontonnya adalah sakit telinga, suara yang selalu terngiang-ngiang di kepala, kepala pusing, mata capek karena videonya yang berputar-putar. Tapi tidak sampai membuatku menjadi gila.
Kabarnya suara-suara seperti ini sering digunakan pihak militer untuk menginterogasi para tawanan dan mempengaruhi pikiran mereka.


3. Mereana Mordegard Glesgorv

"Konon di Youtube ada sebuah video yang berjudul Mereana Mordegard Glesgorv. Jika kamu mencari video ini, kamu tidak akan menemukan apapun. Jika kamu mencari beberapa kali, kamu akan menemukan sesuatu. Namun apa yang bisa kamu lihat hanyalah video berdurasi 20 detik yang menunjukkan seorang pria sedang menatapmu tanpa ekspresi dan menyeringai pada 2 detik terakhir."

"Video aslinya berdurasi 2 menit dan disingkirkan oleh Youtube setelah 153 orang yang menyaksikannya mencongkel matanya sendiri dan mengirimnya (mata mereka) ke kantor utama Youtube di San Bruno. Menurut cerita, banyak orang yang juga melakukan bunuh diri dengan berbagai cara setelah menonton video itu. Sampai sekarang masih belum diketahui bagaimana mereka bisa mengirim mata mereka setelah mencongkelnya keluar. Dan pesan misterius yang diukir mereka di lengan juga masih belum bisa terpecahkan."

Hehehe.. mengerikan bukan? aku sendiri sempat bergidik ketika pertama kali membacanya di salah satu blog orang. Tapi rasa penasaranku lebih besar.. akhirnya aku membongkar-bongkar youtube. tidak sulit mencari video ini dan dengan segera aku bisa menemukan video yang dimaksud.
Akhirnya aku memutuskan untuk menonton video itu. awalnya agak takut juga.. sebagai antisipasi aku mengikat tanganku ke belakang kala menonton video itu agar tanganku tak segera bereaksi untuk mencongkel mata.
Video ini diawali dengan wajah seseorang dengan ekspresi dingin menatap aku dengan warna layar yang merah menyala. video itu bergetar getar.. namun tidak ada perubahan gambar. di pertengahan hingga akhir ada backsound seperti suara bel atau apalah yang berdering. di detik terakhir barulah wajah pria itu berubah menyeringai. Selesai !!
Setelah menonton video itu, aku jadi bengong sendiri dan merasa begitu bodoh karena ketakutanku di awal sangat tidak beralasan.

Belakangan, aku mulai mencari cari  cerita tentang video tersebut.. dan akhirnya aku menemukan fakta kalau semua cerita itu hanya hoax.
Penjelasannya ada di blog misteri favoritku Enigma
bisa diliat disini http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/12/video-misterius-mereana-mordegard.html


4. Spongebob Squarepants "Red Mist" Lost Episode
Siapa tak kenal serial kartun spongebob? Kartun yang begitu populer ini begitu banyak penggemarnya hampir di seluruh dunia. Cerita-cerita yang ditampilkan pun relatif ringan dan gampang untuk dicerna segala usia. Namun tahukah anda ada sebuah episode terlarang dari serial kartun tersebut? episode itu berjudul RED MIST. Episode ini bukanlah keluaran resmi dari Nickolodeon. Melainkan buatan seorang fans. Yang membuat video ini menakutkan adalah gosip kalau yang membuat video ini adalah seorang pembunuh berantai di skotlandia. Kabarnya ia sengaja membuat video ini dengan tujuan mempengaruhi mental orang yang menontonnya.

Red Mist dapat dengan mudah kita temui di youtube, video yang berdurasi 5 menit 52 detik ini diawali dengan squidward yang sedang berlatih klarinet. Seperti biasa ia merasa terganggu dengan suara spongebob dan patrick yang sedang bermain. Tak lama pintu diketuk dan nampaklah seorang dengan pakaian adat skotlandia ingin menawarkan sesuatu. Squidward langsung membentak orang itu dan bilang "Not Interested" orang itu lalu bilang "THE RED MIST IS COMING"
Squidward melanjutkan latihannya, namun suara spongebob dan patrick sangat mengganggu. Iapun memarahi mereka berdua sampai keduanya menangis. Saat squidward kembali meniup klarinet.. tiba tiba layar menjadi merah. dan mata squidward juga berubah menjadi merah.
Saat konser, squidward tampak terlihat dengan ekspresi sedih dan mata merah. Mata penonton yang hadir di sana juga berwarna merah. Karena buruknya penampilan squidward, semua penonton marah dan kemudian bubar. Squidward terlihat depresi, sedih.. Gambar dan suara yang ditampilkan begitu suram (pada bagian ini kuperingatkan agar jangan menonton terlalu fokus, hanya sekedar jaga-jaga soalnya katanya bagian ini yang mampu menghipnotis) tak lama tampak squidward memegang sebuah pistol dan ia menembak kepalanya sendiri.
Video ini penuh dengan warna merah dan suara suara seperti kaset rusak, entah apa maksudnya. Mungkin warna dan suara itu memang bisa mempengaruhi mental kita. Intinya sih jangan terlalu terbawa suasana yang ditampilkan video itu. Tidak perlu takut, toh.. aku tidak merasakan apa apa setelah menonton video itu.
***

Jadi, tidak ada yang perlu ditakutkan... semuanya kembali kepada kita, jika kita bisa mengendalikan pemikiran kita sendiri dan lebih banyak ingat pada Tuhan niscaya pengaruh dari luar tidak akan bisa memasuki pikiran kita.

Enhanced by Zemanta
Suara dan video yang bisa mempengaruhi mental Suara dan video yang bisa mempengaruhi mental Reviewed by Arif Rahman on 5:53:00 PM Rating: 5

8 comments:

  1. Iiiihh sereeem..... Tpi penasaraaannn #dilema :D

    *mikir* hmm...ayu tau...ajak temen kalo mau dengerin+nonton.hahhahaha.

    Tapi kok ada yah orang yang entah terhipnotis atau emang sedikit terganggu jiwanya,sampai nekat melakukan hal-hal yang paling ekstrim begitu. Ckckck...astaghfirullah...

    ReplyDelete
  2. hahaha...
    kdpp, cuma lagu dan video biasa aja :D
    kdd yang menakutkan disini

    mm.. mungkin orang itu punya jiwa yang labil dan kebetulan pikirannya lagi kacau karena masalah atau apa, jdnya tersugesti pas mendengarkan lagu atau video itu

    ReplyDelete
  3. minta donk versi asli dan instrumentalnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah kehapus gan... hehehe... kemaren laptop ane kena virus kudu di install ulang. lupa ngebackup. di 4shared ada kok.. cari aja

      Delete
  4. versi asli gloomy sunday udah dihapus sama sekali

    ReplyDelete
  5. Video morena yg layarnya merah ada gambar pria itu super HOAX :). Goblok sekali yg ngarang cerita tentang pencongkelan mata yg dikirimkan ke kantor you tube. Umpama iya,apakah si pengarang cerita gak mikir,sdh jelas2 mata di congkel,jgnkan mengirimkan ke tempat paket barang,untuk nulis alamat aja paling gak bisa,apa lagi jalan kaki,apa lg naik kendaraan. Emangnya Mau mencontoh si buta dari goa hantu?? Hahahahahaaaa...

    ReplyDelete
  6. Video morena yg layarnya merah ada gambar pria itu super HOAX :). Goblok sekali yg ngarang cerita tentang pencongkelan mata yg dikirimkan ke kantor you tube. Umpama iya,apakah si pengarang cerita gak mikir,sdh jelas2 mata di congkel,jgnkan mengirimkan ke tempat paket barang,untuk nulis alamat aja paling gak bisa,apa lagi jalan kaki,apa lg naik kendaraan. Emangnya Mau mencontoh si buta dari goa hantu?? Hahahahahaaaa...

    ReplyDelete
  7. KAGKAGKAGKAG
    PENULIS BLOG INI CEWEK APA COWOK HAYOOO
    APA TRANSGENDER?

    ReplyDelete

Tosca. Powered by Blogger.