Skip to main content

Cerita Hachiko dan Simbol Kesetiaan


Jika kamu ke Jepang dan kebetulan berada di Stasiun Shibuya, Tokyo.  jangan kaget kalau kamu melihat sebuah patung Anjing yang terbuat dari perunggu di depan Stasiun tersebut. Anjing dalam bentuk patung tersebut bernama Hachiko, anjing nyata jenis Akita Inu yang pernah hidup dan mengukir sejarah di Stasiun itu. Ia telah menjadi simbol kesetiaan bagi masyarakat Jepang.



Adalah Profesor Hidesaburo Ueno, orang beruntung yang memiliki anjing tersebut. Ia merupakan pengajar di Universitas Tokyo dan setiap harinya berangkat dengan menggunakan kereta dari stasiun Shibuya menuju tempatnya mengajar. Hubungan Hachi dan professor itu sangat erat, bahkan setiap pagi Hachi selalu mengantar sang majikan hingga Stasiun dan menjemputnya kembali di sore hari kala sang Profesor pulang. Hal itu berlangsung hingga beberapa waktu.

Namun di tahun 1925, tepatnya pada tanggal 21 Mei. Profesor ueno mendadak meninggal dunia usai mengikuti rapat di Kampus.... Sementara itu sore harinya di stasiun,,, Hachi seperti biasa berniat menjemput profesor ketika mendengar suara kereta yang datang.
Namun hari itu... ia tak menemukan proffesor yang keluar dari kereta. Ia tak pernah tau... kalau majikan sekaligus sahabatnya itu kini telah tiada.

Keesokan harinya pun, Hachi kembali ke stasiun itu dan berharap akan bertemu professor disana. Penjaga stasiun tidak bisa berbuat apa-apa untuk menjelaskan kepada Hachi kalau Proffesor dan ia kini telah berada di alam yang berbeda.
Hachi tak mengerti.. Ia hanya bisa menunggu,... dan menunggu..
Ia datang, menunggu, dan tidak menemukan Profesor, lalu pulang. Kejadian itu terus berlanjut setiap hari... selama 10 Tahun.

Hachi meninggal di tahun 1935... dan untuk mengenang kesetiaannya, pemerintah setempat membuatkan patung dirinya di depan Stasiun Shibuya dan di depan stasiun Odate, tempat kelahiran Hachi.
Dan kini setiap tanggal 8 April, masyarakat Jepang memperingati hari Hachiko, sebagai hari kesetiaan.

Cerita Hachiko dijadikan sebuah film pertama kali oleh sutradara Seijiro Koyama dengan judul Hachiko Monogatari pada tahun 1987. Ada juga drama tv yang menceritakan tentang Hachiko di salah satu televisi Jepang dengan judul Densetsu no Akitaken Hachi yang artinya Legenda Hachi si Anjing Akita pada tahun 2006. Terakhir di tahun 2009 lalu , dibuat pula film Hachiko versi Holyywood karya Lasse Halstrom dengan judul "Hachiko : A Dog's Story" dengan Richard Gere sebagai Profesornya. Film yang sangat menyentuh dan membuat mataku berkaca-kaca. Pengen sih nangis... tapi kan Boys don't cry!! hehehe.. Oh iya, dulu aku pernah juga menuliskan resensi film Hachiko disini.
***

Jika Seekor hewan saja bisa begitu setianya kepada majikan, kenapa kita sebagai manusia yang memiliki akal tidak bisa mencoba setia dan patuh kepada "majikan" kita yang telah memelihara dan menciptakan kita...., yaitu Tuhan kita?

Comments

  1. hah kasihan banget tuh hachi sangking nurutnya

    ReplyDelete
  2. iya.. sedih banget kalau kita mikirin bagaimana perasaan bingung hachi yang terus menanti profesor itu.
    sedih membayangkan bagaimana rasanya kehilangan sahabat

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Android: Cara Login Lebih dari Satu Akun Gmail

Android, sebagaimana kita ketahui juga adalah merupakan Smartphone canggih yang tentunya dirancang untuk tak sekedar menelepon atau SMS saja, namun juga memiliki fitur untuk komunikasi yang terkoneksi dengan internet seperti chatting, media sosial atau bahkan untuk berkirim email.
Khusus untuk yang terakhir disebutkan tadi, kita ketahui bersama kalau Android itu identik dengan Google. Bahkan untuk dapat menggunakan Smartphone ini kita diwajibkan untuk memasukkan akun google agar bisa mengakses berbagai fitur android seperti Gmail, Play Store, bahkan Google Wallet. Beberapa teman saya mengaku kesulitan ketika mereka memiliki 2 buah akun gmail dan ingin dua duanya online dalam satu perangkat android mereka. Dalam aplikasi Gmail Android sendiri, tidak terdapat pilihan untuk membuat multiple akun seperti pada versi Google Chrome di desktop. Lalu bagaimana cara agar kita bisa login lebih dari satu akun Gmail pada android? Simak langkah langkah berikut ini:

The Notebook - Film Paling Romantis?

Entah kenapa aku lagi pengen drama romantis.. Iseng-iseng nyari rekomendasinya di google. Dan kebetulan film inilah yang pertama aku temukan beserta link downloadnya. Ya sudah, hajar! hehe..

The notebook (2004) Bercerita tentang kisah cinta Noah, seorang pemuda desa miskin dan Allie, gadis kota dari keluarga berada. Berbagai rintangan mereka lalui dalam hubungan mereka. Jarak dan waktu pun tak lantas melunturkan rasa di antara mereka. Terdengar romantis bukan? itu belum apa-apa, kalian akan menemukan berbagai momen-momen yang begitu menyentuh hati ketika menonton sendiri filmnya.

Film ini dibuka dengan adegan seorang lelaki mengayuh perahu di danau pada senja hari. disekelilingnya, burung angsa beterbangan entah menuju ke mana. Dari sebuah rumah di dekat sana seorang wanita tua sedang memperhatikan dia, dengan tatapan yang penuh makna. Sungguh sebuah adegan pembuka yang luar biasa, ditambah lagi adegan itu diiringi backsound instrumen piano. Menit-menit pertama yang langsung membuatk…

Aku bisa mencium bau kematian!!

*PERINGATAN: beberapa isi tulisan maupun gambar dalam postingan ini mungkin akan terlihat dan terdengar menyeramkan bagi sebagian orang, alangkah baiknya apabila saat anda membaca tulisan ini anda sedang tidak sendirian. jika anda merasa belum siap mental lebih baik jangan diteruskan membaca.