Nada dasar




Apa gunanya nada dasar dalam sebuah musik?
ia adalah patokan bagi nada nada dalam sebuah simfoni, ialah yang menjadi "tempat berpegang" agar musik tetap terdengar harmonis.
Nada dasarlah yang mengatur sebuah lagu menjadi tak berubah. Jika nada dasarnya berubah, maka nuansa lagupun akan ikut berubah.
Dalam hidup, kita juga harus berpegang pada nada dasar kita. Ketika kita merasa sekeliling kita mulai berubah, perhatikan nada dasar kita. Apakah kita sudah melangkah terlalu jauh? apakah not not kita sudah melenceng dari nada dasar kita?

***
Modulasi, atau perubahan nada dasar kadang ditemukan dalam sebuah lagu. dalam hidup, kadang kita juga bisa merubah nada dasar kita. Boleh saja jika ingin mengambil nada yang lebih tinggi,  namun pastikan kita tetap mengikuti aturannya. Jika tidak, pasti musik akan terdengar rancu. Tetap ikuti aturannya agar kita tidak tersesat. Ada hal yang bisa dirubah, namun ada juga hal yang tidak cocok untuk dirubah.
Nada dasar Nada dasar Reviewed by Arif Rahman on 8:27:00 PM Rating: 5

2 comments:

  1. So semua orang punya nada dasar ya....

    ReplyDelete
  2. Hm.. bisa dikatakan demikian.
    Hidup ini hampir serupa dengan musik. Setiap not not yang kita mainkan akan menghasilkan ribuan melodi yang beragam, seperti kita menjalani hidup.
    Mengacu pada nada dasar yang kita ambil, nuansa lagu yang akan tercipta pun akan berbeda pula.
    tinggi rendahnya nada, keras lembutnya hidup tergantung bagaimana kita menetapkan nada dasar dalam diri kita.
    Setiap manusia memiliki musiknya masing-masing
    Setiap manusia meiliki ceritanya masing-masing

    ReplyDelete

Tosca. Powered by Blogger.