Skip to main content

The Shawshank Redemption; Film terbaik sepanjang masa



Film ini rekomendasi dari salah seorang temanku. katanya ini adalah film yang menduduki peringkat satu rating tertinggi di IMDB. Penasaran juga mendengar dia berkata demikian. Akhirnya dengan segala upaya berhasil juga mendapatkan film ini.

Film ini rilis pada tahun 1994. (umurku masih 6 tahun tuh), berlatar awal tahun 1947 bercerita dari sisi Red, seorang tahanan kulit hitam dengan vonis  50 tahun penjara di shawshank karena kasus pembunuhan. Namun cerita sesungguhnya bukanlah tentang dia. tapi tentang Andy, seorang Bankir muda cerdas yang dituduh melakukan pembunuhan terhadap istrinya dan selingkuhan istrinya sehingga ia divonis 2 kali penjara seumur hidup. Dari awal Andy memang langsung menarik perhatian Red, meski kemudian tak menyangka bahwa ternyata Andy jauh lebih kuat dan lebih cerdas dari apa yang dibayangkannya. Singkat cerita merekapun bersahabat.


Kehidupan dalam penjara memang kejam, bagaimana mereka harus menghadapi sipir penjara yang suka menganiaya tahanan bahkan hingga tewas, atau bagaimana perjuangan Andy menghadapi hari hari beratnya karena harus melayani kaum homoseksual yang ada di sana. seberat apapun itu, Andy masih bisa bertahan karena satu hal, Harapan.

Ya, dibalik semua sifat diamnya, Andy seperti menyimpan suatu rencana.

Hidup memang selalu berputar, ketika tak sengaja menguping pembicaraan kepala sipir yang sedang curhat masalah pajak kepada teman temannya, Andy memberanikan diri menawarkan jasa mengatur keuangan kepada kepala sipir itu, dengan hanya meminta upah berupa bir untuk teman-temannya.
Tak lama setelah itu, nama Andy menjadi sangat populer di Shawshank. Ia menjadi penasehat keuangan bagi para petugas di sana, bahkan sang Kepala penjara pun ikut meminta bantuannya.

Dengan kecerdasannya, Andy bahkan dipercaya untuk mengelola perpustakaan penjara karena sang pengelola sebelumnya sebentar lagi akan dibebaskan. Dalam waktu yang cukup singkat, Andy bahkan bisa mengubah perpustakaan itu menjadi perpustakaan penjara terbaik di new england.

Saat saat itu memang Andy berada di atas. Tapi sekali lagi, hidup memang selalu berputar..

Andy, sudah terlalu jauh masuk ke dalam permainan finansial di penjara itu. Sang kepala penjara memanfaatkan Andy untuk melakukan berbagai penyelewengan keuangan. Andy tak dapat berbuat apa apa selain mengikuti semua perintahnya.

Berawal dari masuknya seorang tahanan baru yang ternyata bisa menjadi saksi kunci untuk membuktikan bahwa Andy tidak bersalah, Andy mencoba berbicara dengan kepala penjara agar kasusnya dibuka lagi dan dirinya bisa dibebaskan. Tapi kepala penjara sudah terlanjur "sayang" kepada Andy. ia juga takut apabila Andy bebas nanti ia akan membongkar semua skandal korupsinya. Tentu saja ia tak ingin Andy bebas. Alhasil ia malah menjatuhi hukuman isolasi kepada Andy selama 1 bulan dan tahanan baru yang bisa menjadi saksi itu dibunuh.

Red, sang narator film ini ataupun juga sahabat Andy adalah seorang tahanan penyuplai barang barang ilegal kepada para tahanan lainnya. di awal film Andy memintanya untuk menyediakan sebuah poster artis wanita dan palu kecil untuk memahat batu batu agar ia bisa menyalurkan hobinya. Ia tak pernah menyangka, poster dan palu sekecil itu bisa membantunya untuk kabur dari penjara.

yah,,, Andy akhirnya kabur dan kemudian membongkar semua permainan dalam penjara Shawshank.
Revolusi besar-besaran, akhirnya Red bisa dibebaskan bersyarat.

Penjara, sebuah tempat yang terdengar sangat menakutkan bagi hampir semua orang. Tapi bagi sebagian orang lainnya, terutama para tahanan yang sudah berpuluh puluh tahun tinggal di sana penjara sudah menjadi rumah mereka. Seperti halnya Red, dan juga Brooks sang penjaga perpustakaan sebelum Andy. Ketika dibebaskan setalah 50 tahun dalam penjara Brooks merasa sangat asing dengan dunia luar, ia ketakutan.. ia tak sanggup menghadapi kehidupan baru yang begitu asing baginya. tak lama, ia ditemukan gantung diri.

Red juga mengalami masalah psikologis seperti itu ketika ia dibebaskan. namun ia teringat pesan Andy tentang harapan dan tentang makna hidup. Maka dari itu ia tidak ingin mengakhiri hidup seperti brooks. Ia juga berjanji kepada Andy untuk pergi ke suatu tempat. dan itulah yang akan dilakukannya untuk lebih memaknai hidup, untuk lebih menikmati kebebasan yang sebenarnya.

***

Jujur, aku bingung bagaimana mengisahkan jalan cerita film ini. Film ini terlalu padat, terlalu banyak cerita dan pesan moral yang terkandung di dalamnya, yang tidak akan cukup semuanya jika aku tuliskan di entriku yang singkat ini.
Orang jahat tak selamanya jahat, orang baikpun tak selamanya baik, semua sifat manusia terbentuk karena keadaan, karena lingkungan. Saat senang dan saat susah itu datang bergantian, itulah hidup. Apa yang kita tanam, itu pula yang akan kita petik. Apa yang ingin kita capai, lakukanlah dengan sungguh-sungguh. berbekal harapan, segalanya menjadi mungkin. kita harus menjaga harapan agar bisa bertahan dari segala yang kita alami. Seberat apapun itu, selama harapan itu ada, jalan keluar selalu tersedia bagi mereka yang berusaha menggapainya. Harapan adalah sesuatu yang bagus, mungkin yang terbaik. Dan sesuatu yang baik takkan pernah mati.

Dear Red:

If you're reading this,
you've gotten out...
...and if you've come this far,
maybe you'd come a bit further.
You remember the name
of the town, don't you?
Zihuatanejo.
I could use a good man
to help me get my project on wheels.
I'll keep an eye out for you,
and the chessboard ready.
Remember, Red...
...hope is a good thing...
...maybe the best of things.
And no good thing ever dies.
I will be hoping
that this letter finds you...
...and finds you well.
Your friend...
                           ...Andy.
"Get busy living... ...or get busy dying. "

Fear can hold you prisoner. Hope can set you free

Comments

  1. wowwww... i will try to find this movie

    ReplyDelete
  2. Mungkin susah...
    aku ja dpt dr download :D

    Mungkin bagi bukan penyuka drama film ini terasa agak membosankan.
    kebanyakan omong doang.. tapi banyak banget pelajaran yang bisa diambil di dalamnya

    bila kita sudah masuk ke dalam ceritanya niscaya tidak mau keluar lagi sampai film ini selesai

    ReplyDelete
  3. daftar film yang WAJIB ditonton selama hidup di dunia.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Android: Cara Login Lebih dari Satu Akun Gmail

Android, sebagaimana kita ketahui juga adalah merupakan Smartphone canggih yang tentunya dirancang untuk tak sekedar menelepon atau SMS saja, namun juga memiliki fitur untuk komunikasi yang terkoneksi dengan internet seperti chatting, media sosial atau bahkan untuk berkirim email.
Khusus untuk yang terakhir disebutkan tadi, kita ketahui bersama kalau Android itu identik dengan Google. Bahkan untuk dapat menggunakan Smartphone ini kita diwajibkan untuk memasukkan akun google agar bisa mengakses berbagai fitur android seperti Gmail, Play Store, bahkan Google Wallet. Beberapa teman saya mengaku kesulitan ketika mereka memiliki 2 buah akun gmail dan ingin dua duanya online dalam satu perangkat android mereka. Dalam aplikasi Gmail Android sendiri, tidak terdapat pilihan untuk membuat multiple akun seperti pada versi Google Chrome di desktop. Lalu bagaimana cara agar kita bisa login lebih dari satu akun Gmail pada android? Simak langkah langkah berikut ini:

Daftar Rekomendasi Film Asia Part 2

Tulisan ini menyambung daftar yang pernah aku tulis dulu, yakni Daftar Rekomendasi Film Asia (silahkan klik link tersebut untuk membacanya). Sebelumnya mungkin akan banyak yang bertanya mengapa film film populer seperti My sassy Girl atau Hello Stranger tidak aku masukkan di sini. Hal itu dikarenakan film film tersebut sudah pernah aku tulis dalam satu entri khusus sebelumnya. Bagi yang penasaran mungkin bisa dicek lagi pada tulisanku yang diberi label Coretan di Layar Lebar. Mungkin juga akan ada yang bertanya mengapa tidak ada film yang bergenre action dalam daftar rekomendasi aku. Alasannnya adalah karena aku tidak begitu menyukai genre tersebut, jadi aku kurang memperhatikan dan tidak bisa merekomendasikan. Daftar inipun sebenarnya bersifat subyektif pada penilaianku saja, berdasarkan film yang pernah aku tonton. Tentunya aku akan sangat berterimakasih jika kalian yang kebetulan berkunjung mau berbagi tentang film apa lagi yang recomended untuk kategori film asia di kolom komenta…

Sleep Pharalysis (cerpen)

02.53
Dari sudut jalan nampak bias cahaya lampu terlihat melalui jendela kamar Sam, yang menandakan masih ada aktivitas yang terjadi di kamar tersebut. Sudah terlalu larut memang. Bagi pelajar SMA seperti Sam, di jam seperti ini seharusnya ia sedang terlelap dan beristirahat guna mengisi tenaga agar bisa konsentrasi untuk sekolahnya besok pagi. Namun faktanya sekarang, Sam masih terjaga. Ia bukannya tak bisa tidur, namun ia tidak berani untuk tidur. Ia terlalu takut.. karena sesuatu yang sangat mengerikan menanti dirinya apabila ia sampai lengah dan terlelap. Sesuatu yang baru saja dialaminya sekitar satu jam yang lalu !!