Marhaban ya Ramadhan


Alhamdulillah..
tahun ini kita masih dipanjangkan umur untuk bisa bertemu kembali dengan bulan suci ramadhan. Bulan penuh  rahmat, bulan penuh rezeki, bulan penuh ampunan.
Awal awal bulan, seperti biasa mesjid dan langgar dan musholla selalu penuh dengan umat muslim yang ingin beribadah, terutama disaat malam hari dimana kita disunatkan menjalankan ibadah shalat tarawih.
Namun apa yang akan terjadi di hari ke 10 ke atas? yap.. jama'ah mesjid kembali berkurang bahkan hingga separuhnya. apakah saya mengada ada?.  tidak!! ini fakta. berita baiknya grafik pengunjung mesjid kembali meningkat menjelang hari raya idul fitri. mungkin sekitar H-5 an hingga malam  hari raya.
fenomena seperti ini sudah saya perhatikan selama bertahun tahun, mungkin kalian semua juga bisa memperhatikan dan mungkin kalian juga setuju dengan  fenomena jamaah mesjid yang saya katakan barusan.
lalu salahkah mereka? saya pikir tidak juga.
Ramadhan adalah saat yang tepat untuk memperbaiki diri. setiap kebaikan akan diganjar dengan pahala yang berlipat lipat. Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk MEMULAI perubahan. kenapa saya bilang waktu yang tepat? karena disini kita tidak sendirian. kita bisa memanfaatkan fenomena jamaah untuk memulai pergi ke mesjid. tak perlu sungkan. toh banyak juga orang yang seperti kita, yang cuma nongol di mesjid saat bulan ramadhan.. nah, khusus untuk kita, jangan "cuma nongol di mesjid saat ramadhan saja". kita sudah bisa memulai. saatnya melanjutkan, rutin, konsisten. itulah yang tidak dimiliki sebagian orang lain yang membuat mesjid hanya rame beberapa hari saja.

akhir kata, saya ingin mengucapakan selamat menjalankan ibadah di bulan ramadhan, semoga tahun ini lebih baik dari tahun kemarin. lakukan yang terbaik di tahun ini, karena tak satupun dari kita yang bisa memastikan bisa bertemu ramadhan di tahun depan.
Marhaban ya Ramadhan Marhaban ya Ramadhan Reviewed by Arif Rahman on 3:50:00 PM Rating: 5

No comments:

Tosca. Powered by Blogger.