Jangan gagalkan rencanamu

Tulisanku kali ini terinspirasi dengan salah satu temanku yang mengeluh kenapa setiap kali bikin rencana selalu saja gagal. Mulai dari acara nonton bareng sampai acara piknik selalu saja berjalan dengan tidak lancar bahkan gagal terlaksana. Mendengar ceritanya aku dapat menangkap beberapa kesalahan yang dilakukan hingga akhirnya aku menemukan tips agar rencana yang kita susun bisa berjalan mulus..

1.Buat konsep yang jelas mengenai rencana yang akan dilaksanakan.
Mau kemana? Siapa saja pesertanya? Kapan rencananya mau dilaksanakan? Berapa biaya yang diperlukan? Transport, konsumsi juga penting untuk dipikirkan.
Semua pertanyaan tersebut harus mendapat jawaban sejelas mungkin sebelum kita menyebarkan undangan pada teman teman.

2. Gaet orang yang paling populer di kelompok sebagai partner.
Dengan begitu, kita pasti lebih mudah untuk menghubungi yang lainnya karena dia punya koneksi yang luas.

3. Jangan pelit
Yup, untuk menjadi panitia pelaksana tentu kita harus rela mengeluarkan tenaga, pulsa, ataupun uang. Terutama saat memberi info pada yang lain.

4. Ingat, jangan terlalu sesumbar. ceritakan bagaimana konsep rencana kita pada yang lain apa adanya, tanpa dilebih lebihkan. dengan begitu mereka bisa menangkap dan menerima segala kekurangan yang mungkin terjadi sehingga mereka tak merasa dibohongi.

5. Ingatkan mereka untuk selalu TEPAT WAKTU. jangan segan segan memberikan ancaman untuk meninggalkan mereka yang datangnya terlambat. kasih toleransi waktu 15 menit saja. Dengan begitu waktu tidak akan terbuang dan rencana tidak akan berantakan.

Meskipun rencana kita sudah begitu matang, namanya kita manusia hanya bisa berencana namun tuhan jualah yang menentukan. Yang terpenting perbanyaklah berdoa semoga segalanya lancar, tidak hujan, atau kemogokan d jalan..
Semoga rencana kalian berjalan mulus, be a good planner!
Jangan gagalkan rencanamu Jangan gagalkan rencanamu Reviewed by Arif Rahman on 4:54:00 PM Rating: 5

No comments:

Tosca. Powered by Blogger.