Facebook status (bag. 1)

Siapa tak kenal facebook? Situs jejaring sosial ini sudah meracuni sebagian besar penduduk di dunia. Di indonesia sendiri, penggunanya adalah yang terbesar ke tiga di dunia di bawah turki d urutan 2. (tebak no 1 nya siapa? Yup, tentu saja Amerika Serikat)

Dalam facebook, kita tentu mengenal istilah status. Status adalah sesuatu yang ditulis oleh seorang pengguna, dan langsung bisa dilihat dan dikomentari oleh semua teman pengguna tersebut. Statuslah yang membuat facebook selalu ramai karena disana bisa saling curhat, bertukar pikiran, atau bahkan saling ejek.

Menurut pengalaman saya setelah menggunakan facebok kurang lebih setahun, status yang ditulis pengguna ternyata kebanyakan hanya seputar hal hal berikut:

-- curahan hati --
memang curhat di dunia maya menjadi tren tersendiri di zaman sekarang. Disaat teman di dunia nyata tak bisa diharapkan, dunia maya pun jadi tempat pelarian. Dan itu dilakukan tanpa malu malu karena toh mereka tak pernah bertemu. Kategori ini bisa juga berupa doa dan juga harapan sang penulis untuk hidupnya atau sekitarnya

-- pemberitahuan --
ini nih, salah satu manfaat pentingnya facebook menurut aku. Dengan dipostingnya status yg berupa berita membuat kita yang membacanya tak akan ketinggalan info terkini. Jujur saja, berbagai peristiwa penting seperti bencana gempa, wafatnya alm gus dur & mbah surip kmaren aku taunya lebih dulu dari fb, bukan dari berita tv atau koran.

-- ucapan --
yang satu ini hanya terjadi pada waktu waktu tertentu saja. Dan parahnya, bila waktu itu tiba hampir semua pengguna facebook menuliskan hal ini di statusnya. Contoh, pada hari raya idul fitri atau hari ibu. Semuanya pasti nulis "selamat hari raya" atau "selamat hari ibu"

-- kutipan --
ini nih statusnya orang yang ga kreatif, kebanyakan yang dikutip adalah lirik lagu

-- ingin tau --
Status seperti ini berisikan pertanyaan pertanyaan ringan yang sifatnya ingin tau. Misal "ada yang tau ga dimana orang jual kucing persia di banjarmasin?"

-- lebay mode --
haha.. Mungkin aku sendiri yang berlebihan dengan mengkategorikan status seperti ini sebagai status lebay. Contoh statusnya kayak gini nih "cinta adalah saat kita masih mau menerima keadaan seseorang saat dia dalam keadaan bla bla bla bla bla...." pokoknya yang statusnya panjang abis. Bahkan untuk melihatnya saja bikin mata jadi ngantuk.

-- narsis mode --
orang yang nulis kategori ini merasa dirinya bagai artis yang selalu diburu infotainment tentang kesehariannya. Tapi bedanya dia sendiri yang mengekspose kisah hidupnya di facebook. Contoh: "lagi makan siang @....... With .... "

-- sok bijak --
kategori ini biasanya berisi kata kata mutiara yang disusun sendiri. Namun hanya segelintir orang yang mampu melakukannya

-- penyemangat --
berisi yel yel atau teriakan yang mungkin bisa memprovokasi orang lain. Misal : MAJU MAJU BARITO PUTRA!! Ayo LIBAS PERSIJA !!!

-- status kosong --
isinya mungkin hanya sepenggal kata. Tidak bisa ditangkap maknanya. Biasanya orang yang melakukan ini hanya untuk menjaga eksistensi

-- status error --
status jenis ini bentuknya ga beraturan. Bahkan ga jelas apa maksudnya dia menulis status. Ada kemungkinan org ini baru belajar main fb. Niatnya mau ngirim pesan dinding ke teman malah jd update status (dalam satu kasus pernah kutemukan orang yang update status, pdhl niatnya mau ngirim sms ke temannya. -parah banget ni orang-)

selain beberapa contoh di atas tentunya masih ada beberapa kategori lain yang bertebaran di dunia facebook, namun persentasenya kecil sekali dan sangat jarang ditemukan.
Facebook status (bag. 1) Facebook status (bag. 1) Reviewed by Arif Rahman on 3:04:00 AM Rating: 5

No comments:

Tosca. Powered by Blogger.