Review: SE K850i

Sony Ericsson K850i


Andalannya, Kamera 5 Mpix
Batasan antara kamera digital dan ponsel kini semakin kecil dengan hadirnya kamera berkekuatan 5 Megapixel pada ponsel kamera terbaru Sony Ericsson K850i. Fitur kamera turut dilengkapi dengan lampu xenon flash dan beberapa fitur lainnya untuk memaksimalkan penggunaan kamera.
Tidak hanya itu, selain fungsinya sebagai kamera digital masih banyak fitur terkini yang dibenamkan pada Sony Ericsson K850i. Misalnya, jaringan internet via layanan HSDPA, pemutar musik serta radio FM untuk alternative hiburan di waktu senggang.

DESAIN
Dilirik sekilas terutama dari bagian belakang, desainnya mirip dengan kamera digital. Untuk ukuran ponsel kamera bentuknya sangat pas. Dimensinya berukuran 102 x 48 x 17 mm. Meski lebih berat dibanding pendahulunya. Namun tidak mengurangi kenyaman saat digunakan. Lensa kamera di bagian belakang dilindungi dengan penutup lensa otomatis, yang akan terbuka saat mode kamera aktif. Tersedia juga penutup kaca untuk melindungi kamera dari debu dan kotoran.

LAYAR
Sony Ericsson K850i menggunakan layar TFT beresolusi 240x320 piksel. Memang penggunaan layar jenis ini tergolong cukup untuk kebutuhan sebuah ponsel. Namun akan lebih bagus lagi jika layarnya sudah memiliki kedalaman 16 juta warna, sebab sebanding dengan fitur dan teknologi yang ditawarkannya.

KEYPAD/TOMBOL
Selain bodinya yang mirip dengan kamera digital, ponsel ini memiliki sentuhan yang unik pada desain keypadnya. Tidak ada tombol navigasi empat atau lima arah yang biasa ada pada sebuah ponsel. Sebagai gantinya ada tanda putih kecil di bawah layar semi touch screen yang berfungsi untuk tombol menu, select, dan back. Tombol-tombol ini merespon dengan baik ketika digunakan untuk berganti menu. Tombol numerik di jajaran keypadnya cukup unik, berbentuk bujur sangkar kecil-kecil, namun tetap nyaman saat ditekan.

KAMERA
Tidak hanya sekedar kamera digital untuk sekelas ponsel saja yang ditawarkan pada ponsel ini. Bagi para penggemar fotografi, Sony Ericcson membekali fitur-fitur layaknya kamera digital professional atau semi professional, seperti red eye reduction, macro mode, hingga pengaturan ISO.Fasilitas zoom digitalnya hingga 16 kali. Ketika mencoba menjepret gambar dengan settingan otomatis dan pilihan resolusi 5 MP di luar ruangan, hasil fotonya sangat memuaskan dan terlihat jernih di layar ponsel maupun saat ditransfer. Kamera bisa berfungsi sebagai perekam video dengan durasi maksimal tergantung kapasitas memori.

BESTPIC
Seperti multishot, sekali jepret kita bisa mendapatkan 9 gambar. Setelah melakukan proses ini, otomatis K850i akan memberitahu mana dari 9 gambar itu yang terbaik, dan langsung bisa disave. Untuk memanfaatkannya, klik tombol setting dan pilih bestpic sesaat setelah membuka menu kamera.
MUSIK
Tidak hanya kamera 5 MP dengan xenon flash saja yang bisa jadi unggulan pada K850i. Ada pemutar musik sekelas ponsel-ponsel Walkman keluaran Sony Ericsson. Fasilitas pemutar musinya dilengkapi dengan dual speaker, pengaturan equalizer serta dukungan Megabass. Kualitas suara musiknya terbilang biasa-biasa saja, mengingat saat dites dalam jarak 3 meter di ruangan tertutup kualitas suaranya terdengar nyaring namun terasa kurang empuk.

RADIO FM
Untuk menikmati aplikasi ini, kita harus terhubung dengan headset yang berfungsi juga sebagai antena. Aplikasi pencarian otomatis bisa dilakukan kalau tak mau repot. Hasil pencarian akan masuk ke dalam 20 list yang tersedia dan kita bisa menyimpan dengan nama stasiun radio yang kita kehendaki.

VIDEO DJ
Ini adalah fasilitas editing untuk video. Setelah merekam video dan menyimpannya ke memori internal atau eksternal, kita bisa langsung mengedit dengan mudah. Ada berbagai fasilitas yang menyertai seperti insert text, memotong, hingga membuat transisi. Dengan fasilitas ini kita layaknya menjadi seorang editor video handal.

INTERNET
Koneksi internet super cepat dapat dilakukan dengan dukungan layanan HSDPA. Untuk pengaturan layanan internet sudah disediakan dengan pengaturan otomatis operator selular di Indonesia. Untuk browsernya, K850i menggunakan Net Front Web Browser yang biasa digunakan pada ponsel-ponsel keluaran Sony Ericsson. Bila menginginkan ponsel dengan kemampuan HSDPA ini sebagai modem, bisa digunakan koneksi lewat USB. Tentu saja sebelumnya kita sudah menginstal software sinkronisasi yang ada di paket penjualan.

KONEKTIVITAS
Sementara untuk konektivitas, peranti ini mengandalkan akses via bluetooth dan USB, minus infrared. Untuk bluetooth, ketika dites untuk mengirimkan file foto sebesar 1,4 Mb ke komputer hanya perlu waktu 8 detik untuk memindah file tersebut.

BATERAI
Menggunakan baterai Li-Polimer berkekuatan 930 mAh. Menurut klaim vendor, mampu siaga hingga 400 jam (GSM) dan 350 jam (WCDMA). Sedangkan waktu bicara 9 jam , untuk video call 3 jam 20 menit, dan bicara 3,5 jam di jaringan 3G. Ketika dicoba dengan terus menerus memutar musik, baterai bisa bertahan hingga dua setengah hari.

PERFORMA
Dukungan berbagai fitur multimedia diimbangi K850i dengan dukungan baterai yang memadai yakni Li-Polimer 930 mAh. Dengan bekal ini, K850i bisa bertahan hingga 4 hari dengan pemakaian fitur multimedia dalam kategori normal. Asyiknya lagi, kita bisa bekerja multitasking untuk beberapa fitur seperti radio FM dan music player, sehingga aktivitas lain tidak terganggu
Review: SE K850i Review: SE K850i Reviewed by ripcool on 7:16:00 PM Rating: 5

21 comments:

  1. Sedikit berbagi pengalaman tentang hp ini. Aku pernah pakai sekitar 1 tahun
    waktu itu aku beli dg harga 2.840.000,- lengkap charger, headset stereo, pc suite, dan memory external 512 MB.
    seneng juga pegang hp ini. Kesannya mewah banget gitu (punyaku warna velvet blue). Ditambah dengan touch key dan bentuk yang menyerupai kamera digital membuatku merasa bangga saat mengeluarkannya dari saku celanaku.
    Bicara mengenai fitur, hp ini sangat memuaskanku. Dengan kamera hingga 5 MP plus autofocus membuat hasil jepretan sangat jernih. Pernah kucoba mencetak ukuran 8R. Hasilnya, wow! Jerniiih.. Sangat memuaskan untuk foto outdoor siang hari.
    Permasalahannya ketika kita mengambil potret foto dengan cahaya tanggung(remang remang). Xenon flash hp ini sangat menyilaukan. Sehingga jika objek hanya berkisar 1Meter, hasilnya sangat terang dan tidak jelas (kebanyakan cahaya)
    lampu flashnya juga sangat sensitif, harus pandai pandai menaruh tangan saat memegangnya karena kalau tertutup sedikit saja hasil foto akan menjadi gelap.
    Untuk suara, speakernya lumayan. Tapi tetap tak bisa dibandingkan dg seri W. Tapi kalo udh pake headset... Maknyus,,,
    untuk browsing, hp ini sudah HSDPA. artinya kecepatan internetnya udh bagus, sayang tidak ada fasilitas wi-fi nya.
    Sesungguhnya aku tak ingin melepas hp ini, karena sudah begitu sempurna menurut pandanganku.
    Tapi..tampaknya komponen komponen hp ini sangat rawan dan tidak kuat, beberapa kali hpku hank dan sering restart sendiri. Bisa dicegah sih.. Syaratnya jangan terlalu bnyk membuka aplikasi, jangan paksa dia melakukan kerja berat, misalnya memutar musik sambil main game.
    Tapi ada satu masalah yang tak bisa dicegah. LCD hp ini rentan sekali rusak. entah korslet atau apa, yang pasti kalau udah kena ni penyakit tiap kali kita pencet tombol maka layar tiba tiba ngeblank, padahl hpnya msh hidup. Cuma layarnya yg mati.
    Tak ada jalan lain selain membawanya ke tempat service. Beruntunglah bagi yang masih garansi, karena solusi perbaikannya pasti ganti LCD, (kita tau harga LCD sangat mahal). Tapi sialnya ternyata stok LCD sangat minim, sehingga pasti harus menunggu kiriman dari pusat dulu. Biasanya kita disuruh menunggu hingga 1-2 bulan baru bisa selesai. Cukup sabar untuk menunggu?
    Aku tidak!
    ..
    Tapi ga selamanya produk ini jelek semua. Ada temanku yang beli hp ini sampai sekarang aman aman aja. Mungkin hanya aku dan beberapa orang lain yang kurang beruntung mendapatkan produk yang jelek.
    Intinya, berdoa sebelum membeli. Semoga mendapatkan yang baik

    ReplyDelete
  2. hp ku baru. selesei upgrade software d sony ericsson BEC(gejalanya filder aplikasi dan game nya tidak dapat di buka), nah ketika di matiin dan di hidupkan kembali ternyara eh ternyara yang nyala cman lampu di kypd nya saja...........
    wuh sangat mengecewakan

    ReplyDelete
  3. Chandra__ iya, penyakit yang sama dengan yang dialami "semua" pemakai k850i
    LCD blank...
    sebenarnya aku ingin meralat komentarku di atas, karena ternyata temanku itu juga sekarang mengalami masalah yang sama

    ReplyDelete
  4. bener banget tuh...sy jg punya masalah yg sama...
    emang sih bli k850 yg second, tp 6bln pertama ga ada masalah.
    tiba-tiba aja lcd-nya mati, tapi lampu keypadnya tetap hidup. anehnya lg dengan kondisi gt tetap bisa terima panggilan...
    udah pernah di bawa ke service center (resmi), ga lama kok cuma 3 hari kelar tp biayanya 200rb , trus hpnya dah bagus lagi...
    tapi bagusnya cm bentar, ga nyampe dua bulan...eh dah rusak lagi, cape deh...
    sekarang nih lg bingung, betulin ga yah?

    ReplyDelete
  5. k850i saya juga mengalami problem yg sama, lcd blank, padahal baru dipakai sekitar 1,5 tahun. :(

    ReplyDelete
  6. SE sekarang mutunya kurang bagus! saya sudah ganti SE tiga kali semuanya rusak... dengan berat hati pindah kelain hati....

    ReplyDelete
  7. k800 pake camdriver goldman mix,accustic 1.5 radio toshara,menu light blue,patching icon,elf.mantabee.......mau ikutan

    ReplyDelete
  8. dari dulu ngebet baru kebeli sekarang ya moga awet ^^

    ReplyDelete
  9. eh kk mw numpang tanya.. kalo ganti lcd k850i brp sih?
    kemaren ak ganti harganya 450 rb?
    kemahalan gak sih?
    thx.. ^^

    ReplyDelete
  10. Kemarin teman aku ganti byrnya 150 rb. tp itu ga ori, mgkn hrg ori nya emank segitu. . . .

    Gini..
    Menurut tukang service hp dtempatku, Kesalahan fatal dlm desain k850i adalah kabel vital LCDnya terletak d bawah keypad.
    jd kalau kabel itu rusak/putus, maka akibatnya LCDnya bs blank sesaat (seperti kasus kita kebanyakan).
    buat yg terlanjur beli, mungkin saran yang saya berikan hanyalah berhati2 saat pemakaian. pelan pelan saja kalau mencet keypadnya. .
    Kalau bisa, jangan sampai ada game d hp. Karena saat main game biasanya penggunaan. keypad terlalu dporsir, , ,
    kesalahan saya dulu, saya terlalu sering main guitar hero (tau kan gimana permainannya?)
    penggunaan keypad sangat ekstrim saat main game itu.

    Intinya, pergunakanlah hp anda dengan lembut

    ReplyDelete
  11. sedikit berbagi pengetahuan tentang K850,menurut sy juga desain k850 lemahnya di kabel penghubung untuk LCD dan flesh kipad yang diletakkan pas dibawah kipad,seandainya kipadnya lembut kemungkinan tdk berdampak pada kedua kabel penghubung yang bercokol dibawahnya. Solusi yg sy lakukan adalah melapisi lekukan kabel tsb dgn plat logam tipis secukupnya, dan ini cukup manjur sejak dua tahun lalu.Sy yakin orang awampun bs melakukan sendiri hal ini.untuk cara buka bs dibrous via web dengan kata kunci.ok slmt mencoba.

    ReplyDelete
  12. oh... begitu ya sob,,, thanks ya atas infonya :) moga bisa berguna bagi pengguna pengguna k850i yang lain.. (kalo aku sih, udah ga make lagi.. hehehehe)

    ReplyDelete
  13. aaaaaa....
    baru 2 hari yang lalu blank kl mencet keypad kiri,bawah, angka 4, 7....

    btw thanks yah infonya...
    harganya 150rb yah ?

    ReplyDelete
  14. hedeeeewww, gua jadi taku juga neehh... udah 2 tahun gua pake, mudah mudahan kagak ada masalah ampe akhir hayat, akakakakaka

    ReplyDelete
  15. wah kacau k850 yang ane punya sekarang, semi touch screennya ga bisa aktif, padahal semua tombolnya aktif.

    ReplyDelete
  16. @rio
    tiga tombol itu namanya touch-pad.
    punya aku dulu jg pernah ga berfungsi. waktu itu terkena air keringat d wajah pas aku nelp. panik jg, trus aku bersihkan lalu aku jemur sebentar. eh, akhirnya bs lagi :-)rfungsi. waktu itu terkena air keringat d wajah pas aku nelp. panik jg, trus aku bersihkan lalu aku jemur sebentar. eh, akhirnya bs lagi :-)

    ReplyDelete
  17. Malam bro,
    gw pakai k850,tapi saat habis dipakai ambil foto fungsi kamera gw off kan penutup lensanya kog gak mau nutup kenapa ya? tolong bantuannya kalo ada yg penah kejadian.

    thanks sblmnya

    ReplyDelete
  18. Mlm juga..
    Aku ga begitu ahli juga sih masalah begini, sekedar bagi pengalaman aja. K850i aku dulu pernah jg lensanya ga nutup, tp itu kejadiannya karena kehabisan batre pas lg motret motret. pas aku charge dan hidup lg akhirnya penutupnya bs normal jg.
    Untuk masalah km, semoga aja ada org yg ahli yg kbtuln mampir dsini.
    thanks udh berkunjung d blog ini

    ReplyDelete
  19. mas mau nanya ne...
    kenapa semi touch screennya ga bsa berfungsi sama skali,,,
    apakah harus di ganti????
    ohon penjelsanny.,,,

    ReplyDelete
  20. haha..
    sebelumnya aku mau minta maaf dulu..
    aku bukan seorang teknisi ponsel..
    cuma seorang "pemakai" yang kebetulan ingin berbagi pengalaman dengan yang lain.

    toouchpad se k850i memang sangat "sensitif"

    dulu punyaku juga ga berfungsi kalau sambil nge-charge.
    tapi begitu chargernya dilepas bisa lagi.
    aneh juga..

    tapi..
    sekalii lagi maaf..
    aku tidak tau penyebabnya.

    mungkin dari yang lain nanti ada yang bisa ngasih jawabannya :)

    ReplyDelete

Tosca. Powered by Blogger.