Review: Nokia 3120 classic

Nokia 3120 Classic


Minimalis dengan Fitur Komplet
Bodi Nokia 3120 Classic memang terlihat klasik, tapi ponsel ini sudah bisa internet di jaringan 3G dan punya kamera 2 MPix
Nokia makin rajin menamakan produk terbaru dengan kode classic di belakang serinya. Salah satu yang baru adalah Nokia 3120 Classic. Meski diberi nama classic, tapi ponsel ini punya kemampuan yang tidak klasik. Ponsel ini sudah bisa berjalan di jaringan 3G untuk browsing-browsing di internet. Kemampuan kamera 2MPix sudah dilengkapi dengan lampu flash untuk membantu foto dalam keadaan gelap
Ponsel 3G Nokia 3120 Classic tampil sangat sederhana. Meski punya kamera 2MP, tidak ada tombol khusus untuk kamera yang biasanya ada di bagian kanan ponsel. Bodinyapun tergolong tipis dan terasa nyaman dalam genggaman. Untuk akses shortcut, pengguna bisa mengkustomisasi tombol paling kiri yang disesuaikan dengan kebutuhan.
LAYAR
Nokia 3120 Classic bukan merupakan ponsel yang tercanggih. Namun teknologi layar yang dibenamkan sudah mendukung 16 juta warna. Menggunakan layar jenis TFT beresolusi 320x240 Pixel terbilang pas dengan bodinya yang tipis dan simpel. Layarnya didesain menjadi tersembunyi jika ponsel dalam keadaan siaga.
Pengujian : menggunakan layar di bawah cahaya lampu.
Nilai : 3,4.
Catatan : Pengguna bisa memilih warna font tanggal untuk keadaan siaga.
KAMERA
Bekal kamera 2MPix plus lampu flash menjadi keunggulan ponsel berbodi tipis ini. Pengaturan-pengaturan yang menyertainya antara lain white balance, brightness dan pilihan resolusi gambar hingga 1200x1600 Pixel. Dengan layar 16 juta warna, gambar hasil jepretan kamera yang ditampilkan sangat jernih. Dan saat gambar ditransfer ke komputer, hasilnya tidak mengecewakan. Pengujian : Hasil jepret kamera yang ditansfer ke komputer.
Nilai : 3,1.
Catatan : Di bagian depan ada kamera untuk video call.
AUDIO
Pemutar musik juga menjadi salah satu fitur andalan. Untuk mendwonload musik, bisa langsung terhubung dengan website nokia. Kapasitas memori eksternalnya bisa menampung hingga 4GB, sehingga pengguna bisa leluasa menyimpan file musik. Dengan stereo widening suara yang keluar dari pemutar musik menjadi maksimal. Tersedia juga radio FM dan voice recorder sebagai pelengkap fitur audio.
Pengujian : Mengukur suara dengan sound meter
Nilai : 3.
Catatan : Hasil maksimal suara yang diukur dengan sound meter 100,7 dB
INTERNET
Jika sinyal 3G di lokasi yang sedang Anda datangi cukup kuat, berselancar di dunia maya dengan Nokia 3120 Classic menjadi lancar. Dalam menu aplikasi tersedia web browser Opera Mini, yang bisa diinstall dan langsung bisa digunakan untuk mengakses website.
Pengujian : Kinerja browser dalam keadaan sinyal 3G penuh.
Nilai : 3,3.
Catatan : Ponsel ini punya setting internet otomatis untuk operator selular Indonesia.
KONEKTIVITAS
Bluetooth jadi koneksi andalan untuk berhubungan dengan perangkat lain. Bluetoothnya dapat mentransfer 4 buah gambar resolusi 1200x1600 Pixel sekaligus dalam hitungan detik. Untuk menghindari hilangnya data-data seperti daftar kontak, bisa diback-up ke komputer menggunakan koneksi PC Sync. Sebelumnya jangan lupa instal dulu aplikasi PC Suite ke komputer.
Pengujian: Kemampuan Bluetooth mentransfer 4 gambar sekaligus.
Nilai : 3.
Catatan : Bluetooth dapat ditemukan pada menu pengaturan.
MESSAGING
Nokia 3120 Classic punya fasilitas messaging yang cukup banyak. Bisa SMS, MMS, Flash Message dan Broadcast message. Saat menulis pesan, tersedia icon-icon untuk menginsert apapun yang dibutuhkan. Ukuran huruf bisa dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari small, normal dan large font.
Pengujian : Mengirim MMS gambar beresolusi 640x480 Piksel
Nilai : 3,1.
Catatan : Di fasilitas messagingnya tidak punya emoticon.
MEMORI
Kapasitas memori internal Nokia 3120 Classic adalah 24 MB. Untuk kemampuannya di kamera dan musik, rasanya memori sebesar itu tidak banyak menampung file. Tapi jangan khawatir, dengan teknologi hotswap, memorinya bisa diperluas hingga 4GB menggunakan memori micro SD. Pengujian : Menyimpan file musik dan gambar di memori intenal Nilai : 3,2. Catatan : Untuk memasukkan memori harus membuka bagian belakang ponsel. Letak hotswap ada di sebelah baterai.
Kinerja
Ponsel Nokia 3120 Classic yang diuji coba Selular masih prototipe, sehingga beberapa fungsi belum bisa dijalankan. Fitur unggulan seperti kamera 2MPix hasil jepretannya sangat memuaskan saat ditampilkan pada layar komputer.
Skor Akhir: 3,1
Kinerja Baterai
Jika didiamkan dalam keadaan siaga, bekal baterai lithum berkapasitas 1000 mAh ini bisa bertahan hingga lebih dari 3 hari. Dan dalam pengisian full, kemudian digunakan untuk musik dan internet selama 3 jam, bar baterai berkurang 1 dari 3 bar yang ada.
Review: Nokia 3120 classic Review: Nokia 3120 classic Reviewed by ripcool on 7:13:00 PM Rating: 5

3 comments:

  1. Solusi yang pas buat yang pengen 3G, internetan cepat, tapi kocek pas pasan.
    Hasil kamera juga lumayan jernih, sayang suara loudspeakernya biasa aja.
    Kekurangannya tidak ada kabel data dan memory external dlm paket pembelian. Bahkan headset yg ada pun cuma mono. Harus merogoh kocek tambahan lagi buat meraih kesempurnaan.

    ReplyDelete

Tosca. Powered by Blogger.